Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Penggolongan Hewan Untuk Sekolah Dasar

Authors

  • Agustin Ningsih Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nataria Wahuning Subayani Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arya Setya Nugraha Universitas Muhammadiyah Gresik

DOI:

https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7943

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui validitas dari media pembelajaran ular tangga penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Penggunaan media pembelajaran sangat jarang digunakan dalam pembelajaran dikarenakan alasan biaya yang terlalu mahal. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini yaitu peserta didik kelas 4 sekolah dasar.  Penelitian ini menggunakan teori pengembangan 4D akan tetapi penelitian ini hanya dilakukan hanya pada tahap ketiga dikarenakan terjadinya pandemi yang membatasi proses pembelajaran yang dilakukan di dalam kelas maupun di luar kelas yaitu 1) Pendefinisian (Define) yaitu analisis ujung depan,  analisis peserta didik, analisis materi, analisis tugas dan perumusan tujuan pembelajaran, 2) Perancangan (Design) yaitu pemilihan bahan media pembelajaran, pemilihan format dan desain media pembelajaran dan 3) Pengembangan (Develop) yaitu validasi dan uji coba terbatas. Penelitian ini hanya dilakukan pada materi penggolongan hewan berdasarkan jenis makanannya. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil kevalidan yang dilakukan oleh para validator mencapai 81,25% dengan kategori valid.

Downloads

Published

2022-10-25

How to Cite

Ningsih, A. ., Subayani, N. W. ., & Nugraha, A. S. . (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga Penggolongan Hewan Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 7886–7893. https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i5.7943