Khomariah, Nur Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP ditinjau dari Pola Pikir Matematis. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13 (3). pp. 381-391. ISSN 2579-7646
|
Text
Nur Khomariah(190402025)_Halaman Publikasi.pdf Download (448kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
Nur Khomariah(190402025)_Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik SMP ditinjau dari Pola Pikir Matematis.pdf Download (494kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan literasi numerasi peserta didik merupakan salah satu kemampuan yang perlu ditingkatkan dalam menghadapi tantangan pendidikan abad 21. Salah satu faktor yang mempengaruhi literasi numerasi peserta didik adalah pola pikir matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi numerasi peserta didik dengan pola pikir matematis dalam menyelesaikan soal kontekstual. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif desktiptif yang dilaksanakan di UPT SMPN 18 Gresik pada semester gasal tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Subjek pada penelitian ini adalah 2 peserta didik kelas VIII-I dengan jenis pola pikir matematis yang berbeda. Pengambilan data melalui angket, tes dan wawancara dan dianalisis menggunakan model Milles dan Hubberman meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan pengambilan keputusan. Teknik uji keabsahan data yang diperoleh berupa triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik yang memiliki growth mindset berada pada level 1,2,3,4,5, sedangkan peserta didik yang memiliki fixed mindset berada pada level 1,2,3.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi numerasi, pola pikir matematis, growth mindset, fixed mindset |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Nur Khomariah |
Date Deposited: | 24 May 2023 02:36 |
Last Modified: | 24 May 2023 02:36 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7962 |
Actions (login required)
View Item |