ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SMP DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PROSES BERDASARKAN PERBEDAAN GAYA BELAJAR

Jannah, Roikhatul (2022) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SMP DALAM PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA PROSES BERDASARKAN PERBEDAAN GAYA BELAJAR. AdMathEdu : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Ilmu Matematika dan Matematika Terapan, 12 (02). pp. 101-116. ISSN 2656-7040

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (94kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
25240

Download (26kB)
Official URL: http://journal.uad.ac.id/index.php/AdMathEdu/artic...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika peserta didik dalam pembelajaran berdiferensiasi pada proses berdasarkan perbedaan gaya belajar peserta didik serta untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan antara peserta didik yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan peserta didik yang menerapkan pembelajaran non berdiferensiasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII B dan VII C SMP Darul Islam Gresik. Data diperoleh dari instrumen yang berupa angket gaya belajar untuk mengelompokkan peserta didik sesuai dengan gaya belajar yang dimiliki masing-masing peserta didik serta berupa tes soal pemahaman konsep matematika untuk mengetahui nilai hasil tes dari peserta didik. Nilai yang diperoleh peserta didik akan dilakukan pengujian hipotesis menggunakan Independent Sample T Test dengan bantuan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika antara peserta didik yang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi dengan peserta didik yang menerapkan pembelajaran non berdiferensiasi dengan Sig.(2-tailed) lebih kecil dari taraf signifikan (0,000<0,025) sehingga H1 diterima.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep matematika, pembelajaran berdiferensiasi, gaya belajar
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Roikhatul Jannah
Date Deposited: 14 Jun 2023 09:29
Last Modified: 14 Jun 2023 09:29
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/7980

Actions (login required)

View Item View Item