Pengaruh Brand Image, Brand Trust, dan Electronic Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Erigo di Gresik Oleh Generasi Z

Umrio Dwi Kurnia

Abstract


Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh brand image, brand trust dan, electronic word of mouth dalam pembelian Erigo di Kabupaten Gresik oleh generasi z. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer. Jumlah responden dalam penelitian ini yakni sebanyak 90 orang, yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling, yaitu memilih responden yang menurut peneliti memenuhi kategori untuk menjadi responden atau narasumber dalam penelitian. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik kuisoner melalui aplikasi google form. Hasil dalam penelitian menunjukan bahwa brand image dan electronic word of mouth berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembeliamn, sementara brand trust berpengaruh secara positif namun tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.

Keywords


brand image; brand trust; electronic word of mouth; pembelian

References


Aaker (2021). Business Research Method. 11th Edition, New York: Mc. Graw-Hill Irwin.
Adam, Jindran. (2015). Manajemen Pemasaran Jasa. Cetaka Pertama. Alfabeta, Bandung.
Agung, Jordie dan Dwirani, Vivi Ayu. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di H&M Store.
Ananda Kurnia (2019). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempenharuhi Keputusan Pembelian Sepatu Adidas.
Arikunto,S. (2018). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta Penerbit.
Ariando, Rizky dan Tasya, Seline Kulinar. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Alba.
Chaudhuri and Holbrook. (2021). Using Free Association To Examine The Relationship Between Thecharacteristics Of Brand Associations And Brand Equity. Journal of product and brand management, 10(7), 439-451.
Chaung and Lee. (2019). Consumer Trust in Brand and The Link to Brand Loyalty,. Journal of Market Focused Management, 4, 341–379.
David Evans, & McKee, Jake. (2019). Social Media Marketing: The Next Generation of Business Engagement, -13: 978-0-470-63403-5.
Davinci S, Karolus Soni. (2020).Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Gaya Hidup Terhadap Minat Pembelian Sepatu Converse Pada Mahasiswa Yogyakarta.
Etal, Mahamit. (2019). Pengaruh Brand Image, Brand Trust, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Toyota All New Yaris Pada Pt. Hasjrat Abadi Manado. Jurnal berkala ilmiah, Volume 15 No. 05.
Firmansyah, Anang. (2019). Pemasaran Produk dan Merek (Planning & Strategy). CV. Penerbit Qiara Media. Surabaya.
Goldsmith. (2020). The Impact of Positive Electronic Word-of-Mouth on Consumer Online Purchasing Decision. 501–510.
Gruen. (2020). Factors Influencing Consumers ’ Purchase Intention of Cosmetic. International Journal of Business and Innovation, 3, 1–15.
Gupta dan Haris, (2020). How e-WOM Recommendation Influence Product Consideration and Quality of Choice: A Motivation to Process Information Perspective, Bussines Research 63, 1041-1049.
Ghozali, Imam. (2016). “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Handayani, F. (2020). Gambaran Tingkat Pengetahuan Mengenai Stroke pada Keluarga Pasien Pasca Stroke dengan Serangan Terakhir Kurang dari Satu Tahun: Literature Review. Holistic Nursing and Health Science.
Jalilvand, M., & Samiei, N. (2022). The Effect Of Electronic Word Of Mouth On Brand Image And Purchase Intention.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2019). Manajemen Pemasaran. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid 2. Jakarta: PT Indeks. Lilis Puspitasari dan Sri Dewi.
Kusuma, Ayu Laras dan Ajaranma, Gjardin. (2020). Faktor Yang Mempengaruhi Pembelian Tas Everbest.
Kurnia, Ananda. (2019). Analisis-Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Sepatu Adidas.
Kotler and Keller . (2013). Marketing Management. Edisi 14. Global Edition. Pearson Prentice Hall Publishing House.
Keller (2020). Prinsip – Prinsip Pemasaran Manajemen, Jakarta : Prenhalindo.
Keller. (2020). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. Global Edition: Pearson.
Kotler, P dan Amstrong. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. A Salemba Empat. Jakarta.
Kotler, Philip. (2019). Marketing Management, 12 edition. New Jersey: Prentice Hall.
Li, J., & Du, H. (2015). The relationship impulsivity and internet addiction in chinese college students: a moderated mediation analysis of meaning in life and self-esteem. Plos One Publishing.
Munandar, (2021), Psikologi Industri dan Organisasi, Universitas Indonesia (UI-Press), Jakarta.
Malhotra. (2017). Consumer behavior, Prentice Hall, Inc, Englewood Cliffs, New Jersey, International Edition.
Noordiono, Azis. (2019). Karakter Generasi Z dan Proses Pembelajaran Pada Program Studi Akuntansi UNAIR . Jurnal. Surabaya.Unair.
Onasie, Vania dan Widoatmojo, Sawidji. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Daniel Wellington.
Pratiwi, Nadia Gusti., Wahyudi dan Siswantini, Tri. (2019). Pengaruh Kualiatas Produk, Harga, Dan Penilaian Pembeli Pada Aplikasi Tokopedia.
Putri, Runi Alam dan Wulan, Maulondi Ayu. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Di Matahari Store.
Schiffman, L. G., Kanuk, . (2014). Consumer Behaviour. London: Pearson Publishing House.
Schivinski, B., & Dabrowski, D., (2019). The Impact of Brand Communication on Brand Equity Through Facebook.
Sukma, Nurfanus., Asidik, Ali dan Harifah, Nurul. (2021). Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Pada Keputusan Pembelian Di Shopee.
Setiadi. (2020). Perilaku Konsumen Edisi Revisi. Jakarta: Prenada Media Group Kencana.
Sumarni. (2019). Pengantar Bisnis. Dasar-dasar Ekonomi Perusahaan. Liberty,Yogyakarta.
Swasty. (2019). Branding: Memahami dan merancang strategi merek. PT Remaja Rosdakarya.
Suhaily., & Darmoyo, S. (2019). Effect of product quality, perceived price and brand image on purchase decision mediated by customer trust (study on japanese brand electronic product). Jurnal Manajemen.
Stillman. (2019). Generasi Z: Memahami Karakter Generasi Baru yang Akan Mengubah Dunia Kerja. Jakarta :Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2019). Memahami Penelitian Kualitatif”. Bandung : ALFABETA.
Sugiyono. (2020). Metode Penulisan Bisnis. Cetakan keempat belas. Alfabeta, Bandung.
Sugiyono. (2020) Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta, Bandung.
Tri Lasti Rahayu dan Tiago Jayabaya (2019) “Analisa Faktor Wom, Lifestyle, Dan Brand Trust Dalam Pembelian Lacoste.”
Tjiptono, Fandy. (2022). Pemasaran Jasa. Jogjakarta: Penerbit Andi


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jmbt.v3i1.17420

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2798-3994