Nuraini, Nia (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Pop Up Book Materi Adaptasi Hewan di Sekolah Dasar. BADA'A : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1). pp. 139-147. ISSN 2714-7711
Text
2023_TA_PGSD_190404067_HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (159kB) |
|
Text (Artikel Publikasi)
2023_TA_PGSD_190404067_JURNAL.pdf Download (225kB) |
Abstract
Media pembelajaran adalah alat pendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media Pop Up Book Adaptasi Hewan dan mengetahui validitas serta kepraktisan yang diperoleh dari respon peserta didik terhadap Pop Up Book Adaptasi Hewan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari analisis, perancangan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek dari penelitian ini adalah validator ahli media, ahli materi dan peserta didik kelas VI UPT SD Negeri 39 Gresik yang berjumlah 20 peserta didik. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi dan angket respon peserta didik. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diperoleh yaitu, 1) Pop Up Book Adaptasi Hewan dengan skor rata-rata 91% dari validasi ahli media dan 94% dari ahli materi. Pop Up Book Adaptasi Hewan dikategorikan sangat valid karena validator menyatakan Pop Up Book Adaptasi Hewan tersebut layak diujicobakan, 2) Pop Up Book Adaptasi Hewan dengan hasil 96% dari angket respon siswa, sangat valid. Sehingga Pop Up Book Adaptasi Hewan praktis untuk digunakan sebagai alat maupun sumber belajar bagi peserta didik dalam kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model addie; pop up book; adaptasi hewan |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Nia Nuraini |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:55 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:55 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8248 |
Actions (login required)
View Item |