Irawati, Eka Ayu (2023) Pengembangan Media Pop-Up Book pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1). pp. 277-286. ISSN 2714-7711
|
Text
2023_TA_PGSD_190404033_Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf Download (19kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
2023_TA_PGSD_190404033_Jurnal.pdf Download (235kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa media pop-up book pada materi sistem pencernaan manusia. Selain itu untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan keefektifan media pop-up book. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Data penelitian ini diperoleh dari angket validasi, angket respon siswa, lembar observasi dan tes. Subjek penelitian ini terdiri dari 20 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi media memperoleh skor 86,6% dengan kategori sangat valid dan hasil validasi materi memperoleh skor 97,4% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya hasil respon siswa memperoleh skor 94,6% yang dikategorikan sangat praktis dan hasil observasi memperoleh skor 95,3% dengan kategori sangat praktis. Hasil keefektifan diperoleh dari nilai rata-rata pretest sebesar 77,5 dan nilai rata-rata posttest sebesar 93,75 dan terjadi peningkatan nilai pretest dan posttest sehingga dinyatakan sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media pop-up book pada materi sistem pencernaan manusia sangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Pop-Up Book; Sistem Pencernaan Manusia |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Eka Ayu Irawati |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 03:39 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 03:39 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8249 |
Actions (login required)
View Item |