Rahmah, Nadhila Alya (2023) Analisis Kemampuan Numerasi Peserta Didik Berdasarkan Perbedaan Jenis Pengetahuan Metakognisi Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. SIGMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 15 (1). pp. 101-115. ISSN 2085-3610
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL_180402022_PMTK.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
2023_TA_PMTK_180402022_Jurnal.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk melihat kemampuan numerasi peserta didik berdasarkan jenis pengetahuan metakognisi dengan mengacu pada indikator kemampuan numerasi dan disesuaikan dengan tahapan proses penyelesaian masalah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di SMAN 1 Cerme Gresik kelas X MIPA-5 dengan melibatkan tiga peserta didik sebagai subjek penelitian, yang masing-masing satu peserta didik mewakili jenis pengetahuan metakognisinya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh tiga jenis pengetahuan, pada peserta didik yang mengacu pada tiga indikator kemampuan numerasi yakni : (I1) Kemampuan menganalsis informasi yang disajikan dalam berbagai bentuk yang meliputi : gambar, grafik, tabel, bagan, diagram; (I2) Kemampuan menggunakan simbol atau berbagai macam angka yang terkait dengan matematika dasarndalam mneyelesaikan masalah kehidupan sehari-hari ; (I3) Kemampuan menafsirkan hasil analisis untuk mengambil keputusan yang tepat. Dengan ini peserta didik dengan jenis pengetahuan deklaratif mampu menguasai dua indikator I1 dan I3, namun kurang menguasai pada satu indikator I2; peserta didik dengan jenis pengetahuan prosedural mampu menguasai semua indikator kemampuan numerasi I1, I2, I3 ; peserta didik dengan jenis pengetahuan kondisional cukup mampu menguasai hanya satu indikator saja I1, sedangkan untuk kedua indikator tergolong tidak mampu menguasai I2, I3.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan numerasi; pengetahuan metakognisi; menyelesaikan masalah matematika |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Nadhila Alya Rahmah |
Date Deposited: | 15 Sep 2023 09:02 |
Last Modified: | 15 Sep 2023 09:02 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8276 |
Actions (login required)
View Item |