HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN SOCIAL PROBLEM SOLVING PADA REMAJA

Illiyyin, Zahrotul (2019) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN KEMAMPUAN SOCIAL PROBLEM SOLVING PADA REMAJA. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img]
Preview
Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (15kB) | Preview
[img]
Preview
Text
03 )BAB I.pdf

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
04) BAB II.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text
05) BAB III.pdf

Download (275kB) | Preview
[img] Text
06) BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img]
Preview
Text
07) BAB V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08) DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Social problem solving merupakan proses berfikir individu mengidentifikasi atau menemukan solusi efektif untuk masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Masalah tidak pernah luput dari kehidupan manusia termasuk remaja salah satunya. Hampir disetiap tempat manusia dihadapkan pada permasalahan dengan tingkat kerumitan berbeda-beda yang menuntut untuk dicarikan solusi. Individu yang tidak dapat menggunakan kecerdasan emosinya secara efektif tidak akan mampu mengkomunikasikan emosinya secara efektif dan tidak akan mampu mengontrol emosinya ketika terjadi situasi krisis bermasalah. Kecerdasan emosi sangat diperlukan oleh remaja, terutama bagi remaja yang mengalami kesulitan dalam memecahkan masalahnya sendiri serta terlibat kepada hal-hal yang bersifat negatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan social problem solving pada remaja. Penelitian ini merupakan tipe penelitian korelasional. Dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Nurul Islam kelas X dan XI. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dalam bentuk skala likert. Uji reliabilitas skala menggunakan teknik Alpha Cronbach dan program SPSS 16.0 for windows. Teknik analisis data menggunakan korelasi Product Moment dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan r = 0,379, p= 0,000 (p<0,05) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan kemampuan social problem solving pada remaja siswa SMK Nurul Islam.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 06 Feb 2019 02:17
Last Modified: 06 Mar 2019 06:49
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/829

Actions (login required)

View Item View Item