Analisa Pengendalian Kualitas Produk Tepung Pada PT. XYZ Untuk Mengurangi Return Konsumen Menggunakan Metode Quality Control Circle (QCC)

Nurqodzbari, Oqni Huda (2023) Analisa Pengendalian Kualitas Produk Tepung Pada PT. XYZ Untuk Mengurangi Return Konsumen Menggunakan Metode Quality Control Circle (QCC). Journal of Industrial Engineering and Operation Management (JIEOM), 6 (1). pp. 66-74. ISSN 2620-8184

[img] Text
halaman persetujuan oqni.pdf

Download (328kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
10360

Download (31kB)
Official URL: https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jieom/artic...

Abstract

PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi tepung terigu. Dibalik panjangnya proses produksi tepung terigu, terdapat permasalahan yang akhirnya berdampak pada kualitas produk yang menimbulkan kecacatan. Adannya kecacatan produk seperti produk yang terkontaminasi dan produk yang rusak. Pada penelitian ini menggunakan metode QCC (Quality Control Circle) dan pada tahap pengolahan data ini dibantu dengan 5 alat bantu statistik. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengendalian kualitas pada produk tepung terigu di PT. XYZ. Hasil dari pengolahan data bahwa kerusakan yang terjadi pada PT. XYZ diluar batas kendali, seperti hasil analisis menggunakan peta kendali menunjukkan jika terdapat beberapa titik yang keluar dari batas kendali. Maka dari itu PT. XYZ perlu melakukan pengendalian kualitas menggunakan Quality Control Circle dan, serta melakukan tindakan lebih lanjut terhadap penerapan SOP saat bekerja.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengendalian Kualitas, QCC, Tepung Terigu, Produk Cacat
Subjects: Engineering > Industrial Engineering
Engineering
Divisions: Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program
Depositing User: Oqni Huda Nur Qodzbari
Date Deposited: 18 Jul 2023 06:52
Last Modified: 18 Jul 2023 06:52
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8300

Actions (login required)

View Item View Item