Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi

Wahyuni, Yuyun (2017) Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (188kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (225kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi. Jenis penelitian ini adalah menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini responden berjumlah 83 mahasiswa/mahasiswi Akuntansi tingkat akhir di JurusanAkutansipada program S1 Universitas Muhammadiyah Gresik, Universitas Islam Darul Ulum Lamongan, dan Universitas Islam Lamongan. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan regresi berganda. Analisis data yang dibagi kedalam lima tahap. Pertama, dengan melakukan pengujian deskriptif. Tahap kedua, dengan pengujian kualitas data yang terdiri dari pengujian validitas dan reliabilitas. Tahap ketiga, melakukan pengujian asumsi kalsik yang terdiri dari uji normalitas, autokorelasi, heterokedastisitas, dan multikolinearitas. Tahap keempat, analisis regresi berganda. Tahap kelima, melakukan uji hipotesis yang terdiri dari perumusan hipotesis,menghitung koefisien determinasi atau koefisien korelasi ganda, uji simultan, dan uji parsial. Karena uji ini digunakan untuk mengetahui ada atau tidaknya Pengaruh Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spiritual Terhadap tingkat Pemahaman. Hasil penelitian menunjukkanHasil nilai rataan pada variabel kecerdasan emosional diperoleh hasil rata-rata hitung sebesar 3.3012 yang menunjukkan bahwa responden rata-rata menjawab netral. Sedangkan standar deviasi atau perbedaan jawaban masing-masing responden dengan rata-rata jawaban seluruh responden sebesar 0,46157. Pada hasil rataan variabel kecerdasan spiritual diperoleh nilai rata-rata hitung sebesar 3,8916 yang menunjukkan bahwa responden rata-rata menjawab setuju. Sedangkan standar deviasi atau perbedaan jawaban masing-masing responden dengan rata-rata jawaban seluruh responden sebesar 0,62493. Adapun variabel pemahaman akuntansi memiliki rata-rata hitung sebesar 3.9880 artinya mayoritas nilai yang dimiliki mahasiswa untuk setiap mata kuliah adalah B dan memiliki pemahaman akuntansi yang baik. Sedangkan standar deviasi atau perbedaan jawaban masing-masing responden dengan rata-rata jawaban seluruh responden sebesar 0,39798.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Economic And Business > Accounting
Economic And Business
Divisions: Faculty of Economic and Business > Accounting Study Program
Library of Congress Subject Areas > Accounting Study Program
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Apr 2018 12:05
Last Modified: 08 Mar 2019 04:17
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/84

Actions (login required)

View Item View Item