ANALISIS KEDISIPLINAN KARYAWAN PADA PT. XYZ GRESIK

Mochamad Farhan

Abstract


Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui kedisiplinan karyawan pada PT. XYZ Gresik. Selama 2021 PT. XYZ Gresik tercatat ada 962 pelanggaran indisipliner karyawan dan 421 izin keluar yang melebihi batas waktu yang ditentukan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara semiterstruktur kepada 6 Informan untuk mendapatkan suatu data, kemudian menggunakan analisis data model Miles & Huberman dan menggunakan member checksebagai data keabsahan. Hasil penelitian ini yaitu dampak indisipliner karyawan dapat merugikan karyawan sendiri, karyawan lainnya, dan perusahaan. Upayakan perusahaan untuk meningkatkan kedisiplinan karyawannya dengan menerapkan jenis-jenis pelanggaran (teguran lisan, teguran tertulis, sampai pemutusan hubungan kerja), memperbarui peraturan, dan tindakan dari pimpinan. Penelitian ini dapat digunakan sebagai literatur tambahan perusahaan untuk meningkatkan kedisiplinan karyawan. Penelitian ini memiliki keterbatasan hanya sebagian karyawan pada PT. XYZ Gresik yang dijadikan informan.


Keywords


Dampak Indisipliner, Kedisiplinan Karyawan, Upaya Meningkatkan Kedisiplinan

References


Hasibuan, Malayu, S P. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-24. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kristianti, Azhar Affandi, Nurjaya, Lily Setyawati, Denok Sunarsi, dan Achmad Rozi. (2021). Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pariwisata Purwakarta. Jurnal PERKUSI: Pemasaran, Keuangan, dan Sumber Daya Manusia,1(1), 101 – 109.

Muslimat, Ade & Hariyaty Ab Wahid. (2021). Pengaruh Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Pos Indonesia Kantor Cipondoh. Jurnal Ilmiah, Manajemen Sumber Daya Manusia, 4(2), 120 – 127.

Nawawi, H. Hadari (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Cetakan ke-9. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press Anggota IKAPI.

Samiruddin, Karsadi, & Harnia. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kedisiplinan Kerja Pegawai Pada Kantor Kecamatan Poasia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo, Kendari. 48(4), 336-345.

Sinambela, Poltak Lijan. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Membangun Tim Kerja yang Solid untuk Meningkatkan Kinerja. Cetakan ke-4. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Cetakan ke-4. Bandung: Alfabeta

Sutrisno, Edy. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia. Cetakan ke-11. Jakarta: KENCANA.


Full Text: PDF

DOI: 10.30595/jmbt.v3i1.16975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

ISSN: 2798-3994