Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelectually) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD

  • Risma Nur Santi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Arissona Dia Indah Sari Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Gresik
  • Nanang Khoirul Umam Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muhammadiyah Gresik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pemahaman konsep matematika materi bangun datar antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksprerimen dengan menggunakan desain penelitian nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas IV MI Ma’arif NU Manba’ur Rohmah Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik nonprobability Sampling dengan jenis sampling jenuh. Sampel penelitian dilakukan pada kelas IV A dan IV B, dimana dua kelas sampel diberi perlakuan berbeda. Dari hasil penelitian yang dilakukan  bahwa model pembelajaran SAVI dapat dikatakan efektif dalam pemahaman konsep matematika materi bangun datar di kelas IV MI Ma’arif NU Manba’ur Rohmah. Dengan hasil uji independent T-test yang dilakukan menunjukkan nilai sig (2-tailed) ≤ 0,05 yaitu sebesar 0,000 maka hasil keputusan yang dapat disimpulkan yaitu terdapat perbedaan yang signifikan terhadap pemahaman konsep matematika materi bangun datar antara peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual) dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Published
2023-08-21
How to Cite
Risma Nur Santi, Arissona Dia Indah Sari, & Nanang Khoirul Umam. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Savi (Somatic, Auditory, Visual, Intelectually) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Siswa Kelas IV SD. Al Qodiri : Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan, 21(2), 664-684. https://doi.org/10.53515/qodiri.2023.21.2.664-684
Section
Articles