Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sekolah Dasar.

Safitri, Alfira (2023) Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5 (1). pp. 119-129. ISSN 2714-7711

[img] Text
2023_TA_PGSD_190404013_HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL-2.pdf

Download (239kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2023_TA_PGSD_190404013_JURNAL.pdf

Download (583kB)
Official URL: https://jurnal.iaihnwpancor.ac.id/index.php/badaa/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangakan media pembelajaran Pop Up Book Sistem Pernapasan Manusia untuk siswa kelas V Sekolah Dasar serta untuk mengetahui kevalidan,keefektifan dan kepraktisan media Pop Up Book Sistem Pernapasan Manusia untuk siswa kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah pengembangan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu, Analyze (analisis), Design (rancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), Evaluation (evaluasi). Hasil penelitian ini berupa media Pop Up Book pada materi sistem pernapasan manusia kelas V Sekolah Dasar yang valid, efektif dan praktis. Hasil validasi oleh validator media diperoleh persentase 90% tingkat kevalidan dengan kategori sangat valid. Hasil validasi oleh validator materi diperoleh persentase 95% dengan kategori sangat valid. Setelah layak untuk diuji cobakan, maka peneliti melakukan uji coba lapangan di kelas V dengan hasil persentase 92% dengan kategori sangat efektif. Hasil angket respon siswa memperoleh skor persentase 94% dengan kategori sangat praktis. Kesimpulan peneliti ini adalah media Pop Up Book layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran dikelas V Sekolah Dasar khususnya pada materi sistem pernapasan manusia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: model addie, media pembelajaran, pop up book pernapasan manusia
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Alfira Safitri
Date Deposited: 10 Oct 2023 03:23
Last Modified: 10 Oct 2023 03:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8769

Actions (login required)

View Item View Item