PENGARUH PEMBERIAN PUPUK VERMIKOMPOS DENGAN LIMBAH ORGANIK YANG BERBEDA TERHADAP KUALITAS AGAR RUMPUT LAUT Gracilaria verrucosa

RIYANTO, MOH RIZAL ARIS (2019) PENGARUH PEMBERIAN PUPUK VERMIKOMPOS DENGAN LIMBAH ORGANIK YANG BERBEDA TERHADAP KUALITAS AGAR RUMPUT LAUT Gracilaria verrucosa. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB 2 TINJAUAN PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
BAB 3 METODOLOGI.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)
[img] Text
BAB 5 KESIMPULAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)

Abstract

Rumput laut Gracilaria verrucosa merupakan rumput laut dari kelas Rhodophyceae yang termasuk kelompok penghasil agar-agar. Salah satu fungsi utama agar yaitu sebagai pembuat gel. Beberapa industri yang memanfaatkan sifat kemampuan membentuk gel dari agar-agar adalah industri makanan, farmasi, kosmetik, dll. Pupuk vemikompos merupakan pupuk organik yang berasal dari bekas budidaya cacing tanah yang memiliki unsur hara yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kualitas agar rumput laut Gracilaria verrucosa. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pemberian pupuk vermikompos dengan limbah organik yang berbeda terhadap kualitas agar rumput laut Gracilaria verrucosa. Metode yang digunakan adalah rancangan acak lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan 3 kali ulangan. Parameter yang diamati adalah kualitas agar rendemen, viskositas, dan kekuatan gel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemberian pupuk vermikompos dengan limbah organik yang berbeda pada rumput laut Gracilaria verrucosa berpengaruh nyata terhadap kualitas agar rendemen, viskositas, dan kekuatan gel dengan perlakuan terbaik untuk kualitas agar rendemen menggunakan pupuk vermikompos dengan limbah organik batang pisang sebesar 30,6%, terbaik untuk kualitas agar viskositas menggunakan pupuk vermikompos dengan limbah organik alang-alang sebesar 153,0 cps, dan terbaik untuk kualitas agar kekuatan gel menggunakan pupuk vermikompos dengan kombinasi semua limbah sebesar 58,5 g/cm2.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Agrotechnology
Agrotechnology > aquaculture
Divisions: Faculty of Agriculture > Aquaculture Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 19 Mar 2019 07:24
Last Modified: 19 Mar 2019 07:24
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/896

Actions (login required)

View Item View Item