Pola Pikir Kognitif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bangun Ruang : Studi Kasus di SD Muhammadiyah 1 Gresik

Putri, Ade Firma Handriyani (2022) Pola Pikir Kognitif Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bangun Ruang : Studi Kasus di SD Muhammadiyah 1 Gresik. Jurnal Holistika, 6 (2). pp. 115-127. ISSN e-ISSN 2614-8242

[img] Text
PERSETUJUAN DAN RENCANA PUBIKASI JURNAL.pdf

Download (198kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2022_TA_PGSD_170404005_JURNAL.pdf

Download (634kB)
Official URL: https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/artic...

Abstract

Kegiatan pembelajaran matematika melalui upaya penyelesaian soal tidak bisa terlepas dari peran pola berpikir kognitif yang dimiliki oleh peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa ragam tindakan berpikir kognitif peserta didik yang bersumber pada konsep taksonomi pembelajaran yang dikemukakan oleh Bloomfield dalam upaya menyelesaikan soal-soal matematika bangun ruang yang kompleks dan menemukan ragam faktor afektif yang mempengaruhi keberadaan pola pikir kognitif peserta didik tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri atas 6 peserta didik kelas 5 SD Muhammadiyah 1 Gresik. Instrumen yang digunakan adalah soal matematika pada materi bangun ruang. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, interview, dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek lebih cenderung menggunakan pola pikir tingkat rendah ketika berupaya untuk menyelesaikan soal-soal matematika bangun ruang. Hal ini dibuktikan dengan ragam tindakan berpikir pada tingkat pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi yang ditunjukkan oleh subjek tersebut. Penelitian ini merekomendasikan bahwa guru diharapkan untuk berusaha keras dengan berbagai strategi dalam meningkatkan cara atau pola berpikir peserta didik untuk membangun pola berpikir tingkat tinggi guna mencapai keberhasilan yang lebih baik dalam belajar matematika.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pola pikir kognitif, Pembelajaran matematika, Soal materi bangun ruang, Taksonomi pembelajaran, Berpikir tingkat tinggi (HOT)
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Ade Firma Handriyani Putri
Date Deposited: 13 Nov 2023 04:07
Last Modified: 13 Nov 2023 04:07
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8964

Actions (login required)

View Item View Item