Pengembangan Media Pop Up Book Materi Kenampakan Permukaan Bumi di UPT SD Negeri 87 Gresik

Agustina, Devi (2022) Pengembangan Media Pop Up Book Materi Kenampakan Permukaan Bumi di UPT SD Negeri 87 Gresik. Jurnal Jendela Pendidikan, 3 (01). pp. 41-49. ISSN 2775-6181

[img] Text
4 - Halaman Persetujuan jurnal.pdf

Download (144kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
372-Article Text-1968-2-10-20230215 (1).pdf

Download (390kB)
Official URL: https://ejournal.jendelaedukasi.id/index.php/JJP/a...

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti di kelas 3 UPT SD Negeri 87 Gresik, terdapat pernyataan bahwa dalam kegiatan pembelajaran IPA guru masih menggunakan metode ceramah dan memberi latihan soal. Hal ini membuat peserta didik menjadi kurang aktif dan kurang semangat. Maka dari itu, peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk menyajikan inovasi media pembelajaran yaitu berupa media Pop Up Book pada pembelajaran IPA kelas 3 materi kenampakan permukaan bumi di UPT SD Negeri 87 Gresik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 3 UPT SD Negeri 87 Gresik dengan jumlah 10 peserta didik. Media pembelajaran Pop Up Book (Kenampakan Permukaan Bumi) telah melalui serangkaian validasi ahli materi dan validasi ahli media. Hasil akhir dari validasi kelayakan media memperoleh skor rata-rata sebesar 92,58 dengan kategori “sangat layak”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Pop Up Book kenampakan permukaan bumi dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model ADDIE, media pembelajaran, pop up book, kenampakan pemukaan bumi
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Devi Agustina
Date Deposited: 30 Oct 2023 21:47
Last Modified: 30 Oct 2023 21:47
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/8972

Actions (login required)

View Item View Item