PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN SUGIO III

Bakhtiar, Ahmad Harsya (2019) PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPA BAGI PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN SUGIO III. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
9. abstrak (FIKS 198 kata).pdf

Download (83kB)
[img] Text
16. BAB 1.pdf

Download (279kB)
[img] Text
17. BAB 2.pdf

Download (369kB)
[img] Text
18. BAB 3.pdf

Download (439kB)
[img] Text
19. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (701kB)
[img] Text
20. BAB 5.pdf

Download (148kB)
[img] Text
21. daftar pustaka.pdf

Download (252kB)

Abstract

Media pembelajaran yang dipergunakan guru untuk mempermudah dalam proses kegiatan mengajar di sekolah sangatlah bermacam. Salah satunya yaitu dengan media audiovisual. Media Audiovisual merupakan jenis media yang selain mengandung unsur suara juga mengandung unsur gambar yang dapat dilihat. Sehingga dengan adanya bantuan media audiovisual dalam pembelajaran IPA, guru dapat mudah menyampaikan materi pelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan media audiovisual untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya pada kelas IV SDN Sugio III. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini berbentuk dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di SDN Sugio III Jalan Raya Sugio, Dusun Caron Desa Sugio Kecamatan Sugio Kabupaten Lamongan dengan subjek sebanyak 16 peserta didik pada kelas IV. Hasil penelitian yang diperoleh dari tindakan siklus I menunjukkan bahwa persentase observasi aktivitas guru dalam penerapan media audiovisual sebesar 60.29%, persentase observasi aktivitas peserta didik sebesar 67.85%, dan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebesar 50% dengan rata-rata kelas 73,75. Sedangkan pada tindakan siklus II persentase observasi aktivitas guru sebesar 79.41%, persentase observasi aktivitas peserta didik sebesar 78.54%, dan persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan menjadi 81.25% dengan rata-rata kelas sebesar 87.25. Dengan demikian dalam penerapan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar bagi peserta didik kelas IV di SDN Sugio III.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 22 Mar 2019 01:48
Last Modified: 22 Mar 2019 01:48
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/904

Actions (login required)

View Item View Item