Pengembangan Media Wayang Kartun Rumasa (Seru Main Bersama) Pada Materi Jual Beli Kelas 3 Sekolah Dasar

Fitria Anwar, Agita (2023) Pengembangan Media Wayang Kartun Rumasa (Seru Main Bersama) Pada Materi Jual Beli Kelas 3 Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 4 (2). pp. 125-131. ISSN 2721-0294

[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL (2).pdf

Download (223kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2331-Article Text-6496-1-10-20231206.pdf

Download (618kB)
Official URL: https://jurnal.unikastpaulus.ac.id/index.php/jlpd/...

Abstract

Penelitian ini merupakan pengembangan dengan model ADDIE, yang terdiri dari lima tahap, yaitu Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Partisipan terdiri dari 8 peserta didik laki-laki dan 11 perempuan. Tim peneliti berhasil mengembangkan media inovatif berbentuk wayang kartun interaktif yang diberi nama "Seru Main Bersama" untuk mendukung pembelajaran materi jual beli. Hasil validasi media menunjukkan bahwa ratarata penilaian validasi mencapai 93% dengan kategori “Sangat Valid”. Validasi materi memperoleh rata-rata 98% dengan kategori “Sangat Valid”, dan respon peserta didik mencapai rata-rata 99% dengan kategori “Sangat Valid”. Kebaruan media ini terletak pada penggunaan materi dan animasi yang lebih kontekstual dan relevan. Media "Seru Main Bersama" diharapkan dapat meningkatkan minat belajar serta mendukung pencapaian tujuan pembelajaran. Penelitian ini memberikan kontribusi positif terhadap perkembangan teknologi pembelajaran serta alternatif media yang menarik dan efektif dalam konteks pembelajaran saat ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Wayang Kartun, Jual Beli
Subjects: Early Childhood Education
Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Agita Fitria Anwar
Date Deposited: 26 Jan 2024 09:23
Last Modified: 26 Jan 2024 09:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9183

Actions (login required)

View Item View Item