FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN ORGANIK DI PASAR MODERN KABUPATEN GRESIK

Latifah, Anisa Nur (2023) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN SAYURAN ORGANIK DI PASAR MODERN KABUPATEN GRESIK. Jurnal Agribisnis, 12 (2). pp. 141-149. ISSN 2301-5330

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (22kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
Artikel.pdf

Download (413kB)
Official URL: https://ejournal.unisi.ac.id/index.php/agribisnis/...

Abstract

Kesadaran dan pengetahun masyarakat yang semakin meningkat terhadap pola hidup sehat, membuat masyarakat mulai beralih untuk mengkonsumsi sayuran organik. Namun, meskipun kesadaran dan pengetahuan Masyarakat mengenai sayuran organik telah meningkat, tidak semua masyarakat beralih mengkonsumsi sayuran organik. Hal ini dikarenakan harga sayuran organik yang cukup mahal, sehingga perkembangan sayuran organik masih terbatas pada lapisan tertentu saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen sayuran organik dan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli sayuran organik di pasar modern Kabupaten Gresik. Pengumpulan data menggunakan kuisioner. Pengambilan sampel menggunakan metode Accidental Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data dianalisis secara deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden didominasi oleh perempuan pada rentang usia 26-33 tahun dan tingkat pendidikan akhir S1, pekerjaan konsumen adalah IRT dengan rata-rata pendapatan Rp.3.000.000-4.999.999, frekuensi pembelian sayuran organik adalah sering yaitu 3-4 kali dalam sebulan. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) secara simultan variabel harga, kualitas produk, lokasi, kualitas pelayanan, gaya hidup dan pendapatan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. (2) secara parsial variabel harga, kualitas produk, lokasi, kualitas pelayanan dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan pendapatan tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keputusan pembelian, pasar modern, sayuran organik
Subjects: Agriculture
Agriculture > Agrotechnology
Divisions: Faculty of Agriculture
Depositing User: Anisa Nur Latifah
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:22
Last Modified: 26 Jan 2024 03:22
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9214

Actions (login required)

View Item View Item