Analisis Kesulitas Membaca Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Mamba’us Sholihin Suci Manyar

Kurniawati, Amelia (2023) Analisis Kesulitas Membaca Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Mamba’us Sholihin Suci Manyar. https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/index, 3 (3). pp. 565-570. ISSN 2775-2445

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL AMELIA KURNIAWATI.pdf

Download (111kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2023_JURNAL_PGSD_190404028.pdf

Download (234kB)
Official URL: https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/JIPDAS/a...

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji tantangan yang dihadapi dalam proses membaca. Penelitian dilaksanakan di kelas satu pada semester gasal tahun pelajaran 2022/2023 di SD Mambaus Sholihin. Pertanyaan penelitian berkisar pada mengidentifikasi hambatan khusus yang dihadapi siswa dan faktor yang menghambat kemajuan membaca mereka di kelas satu Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin. Pendekatan kualitatif deskriptif digunakan untuk penelitian ini. Berbagai teknik pengumpulan data digunakan, termasuk observasi, wawancara, tes kinerja, dan dokumentasi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam perkembangan membaca mereka. Tantangan�tantangan ini terutama terlihat di kalangan siswa kelas satu di Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin. Masalah utama yang teridentifikasi adalah adanya siswa yang kesulitan membaca. Tantangan yang dihadapi oleh siswa mencakup berbagai masalah, seperti kurangnya pengenalan huruf, kesulitan mengartikan kata-kata yang bermakna, mengabaikan tanda baca, kurangnya kelancaran membaca, dan kesulitan memahami isi dari apa yang mereka baca atau dengarkan. Pada kasus siswa kelas I Madrasah Ibtidaiyah Mambaus Sholihin terdapat beberapa faktor yang menghambat perkembangan membaca awal mereka, antara lain hambatan psikologis, hambatan lingkungan, dan keterbatasan yang disebabkan oleh keadaan ekonomi keluarga.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kesulitan, Membaca, Siswa Sekolah Dasar
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Amelia Kurniawati
Date Deposited: 26 Jan 2024 03:58
Last Modified: 26 Jan 2024 03:58
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9258

Actions (login required)

View Item View Item