NINGSIH, SRI WAHYUNI (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATEMATIKA BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 PADA MATERI RELASI DAN FUNGSI KELAS VIII MTs. AL-HIDAYAT INDRODELIK. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
A. Abstrak.pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text
B. Bab 1.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
C. Bab 2.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
D. Bab 3.pdf Download (345kB) | Preview |
|
Text
E. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
|
Text
F. Bab 5.pdf Download (15kB) | Preview |
|
|
Text
G. Daftar Pustaka.pdf Download (20kB) | Preview |
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media komik matematika berbasis Macromedia Flash 8 pada materi relasi dan fungsi yang dikembangkan sebagai media pembelajaran pada materi relasi dan fungsi kelas VIII MTs. Al-Hidayat Indrodelik. Jenis penelitian yang digunakan adalah model pengembangan 4D Thiagarajan. Namun, langkah keempat yaitu disseminate tidak dilakukan karena keterbatasan waktu. Kelayakan dari media komik dilihat dari aspek validitas, efektifitas, dan kepraktisan. Validitas didapatkan dari hasil validasi 2 ahli materi dan 2 ahli media. Kepraktisan diperoleh dari hasil penilaian kepraktisan oleh 4 ahli, dan keefektifan diperoleh dari hasil belajar dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa media komik yang dikembangkan layak digunakan dibuktikan dengan data hasil validasi oleh ahli materi dan ahli media yang memperoleh nilai berturut-turut 86,25% (kategori sangat layak) dan 77,69% (kategori layak). Aspek efektivitas ditinjau dari hasil ketuntasan belajar peserta didik sebesar 80% dan memperoleh nilai gain sebesar 0,45 yaitu berada pada kategori sedang. Selain itu keefektifan ditinjau dari angket respon peserta didik yang memperoleh hasil sebesar 87,31% atau berada pada kategori sangat baik. Sedangkan, aspek kepraktisan media pembelajaran komik matematika Macromedia Flash 8 ditinjau berdasarkan hasil penilaian kepraktisan oleh ahli yang menyatakan bahwa media pembelajaran dapat digunakan tanpa revisi.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP |
Date Deposited: | 09 Apr 2019 03:54 |
Last Modified: | 09 Apr 2019 03:54 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/935 |
Actions (login required)
View Item |