Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Statistika

Jazilah, Ferina Vetty (2024) Analisis Kemampuan Literasi Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Statistika. Postulat (Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika), 4 (1). pp. 96-111. ISSN 2723-0597

[img] Text (Halaman Persetujuan Publikasi)
Ferina Vetty Jazilah.pdf

Download (217kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
Artikel Ferina Vetty Jazilah.pdf

Download (787kB)
Official URL: https://journal.umg.ac.id/index.php/postulat

Abstract

Kemampuan literasi numerasi merupakan salah satu keterampilan yang harus dimiliki peserta didik dalam menghadapi tuntutan pendidikan abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi numerasi peserta didik dalam menyelesaikan soal statistika. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-C di SMP Negeri 11 Gresik pada tahun ajaran 2022/2023 dengan 3 subjek peserta didik yang dikategorikan menjadi kelompok tinggi, sedang dan rendah. teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, wawancara dan rekaman. Hasil tes akan dianalisis berdasarkan indikator kemampuan literasi numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik pada kelompok tinggi berada pada level 1,2,3,4,5,6, kelompok sedang berada pada level 1,2,3,4, sedangkan kelompok rendah hanya mampu pada level 4 dan 6. Disimpulkan bahwa kemampuan literasi numerasi peserta didik pada kelompok sedang dan rendah masih rendah sekali. Hal ini ditunjukkan oleh persentase kemampuan literasi numerasi berdasarkan pengkategorian kelompok tinggi sebanyak 28,1%, kelompok sedang sebanyak 34,4%, dan kelompok rendah sebanyak 37,5%. Kata Kunci: literasi numerasi, statistika

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Literasi Numerasi, Statistika
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Ferina Vetty Jazilah
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:31
Last Modified: 25 Jan 2024 03:31
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9396

Actions (login required)

View Item View Item