Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Belajar Santri Taman Pendidikan Al-Qur’An Al-Muttaqin Padang Bandung Dukun Gresik

Sulaimah, Bibit (2024) Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Memotivasi Belajar Santri Taman Pendidikan Al-Qur’An Al-Muttaqin Padang Bandung Dukun Gresik. Tamaddun : Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, 25 (1). pp. 12-19. ISSN 2722-2632

[img] Text
scanner_20240130_131156.jpg.pdf

Download (196kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
7322-49-24174-1-10-20240130.pdf

Download (305kB)
Official URL: https://journal.umg.ac.id/index.php/tamaddun/artic...

Abstract

Guru merupakan pelaksana pendidikan yang memiliki peranan penting dalam pencapaian keberhasilan pendidikan. Demikian juga guru memiliki strategi yang sangat penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru pendidikan Agama Islam dalam memotivasi belajar santri Taman Pendidikan Al-Quran Al-Muttaqin Padang Bandung Dukun Gresik. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data diperoleh melalui beberapa tahapan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi belajar santri, meliputi : 1) Menggunakan metode tertentu. 2) Melakukan pendekatan khusus. 3) Menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan nyaman. 4) Memberi pujian. 5) Memberi semangat. 6)Memberi tugas. 7) Memberi hadiah. 8) Memberi hukuman. Dari berbagai strategi yang telah diterapkan guru dalam pembelajran, para santri semakin mudah dalam menerima pelajaran, tidak merasa bosan, dan lebih semangat dalam belajar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Strategi, Guru Pendidikan Agama Islam, Motivasi belajar
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Bibit Sulaimah
Date Deposited: 16 Feb 2024 04:33
Last Modified: 16 Feb 2024 04:33
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9566

Actions (login required)

View Item View Item