Perbedaan Kecenderungan Nomophobia Berdasarkan Jenis Kelamin, Kelas, Dan Jurusan Pada Siswa

Sari, Santi Yovita (2022) Perbedaan Kecenderungan Nomophobia Berdasarkan Jenis Kelamin, Kelas, Dan Jurusan Pada Siswa. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4 (2). pp. 63-67. ISSN 2685-936X

[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL.pdf

Download (268kB) | Preview
Official URL: https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.ph...

Abstract

Kepemilikan smartphone pada remaja sudah menjadi hal yang lumrah dilihat, akan tetapi masih banyak remaja kurang bijak dalam penggunaan smartphone. Penggunaan smartphone yang berlebihan rentan terjadi masalah kecanduan terhadap smartphone, apabila tidak diimbangi dengan kontrol. Hal ini dapat menimbulkan rasa kecemasan atau kekhawatiran yang berlebihan ketika berada jauh dari smartphone yang biasa disebut nomophobia. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kecenderungan nomophobia berdasarkan jenis kelamin, kelas, dan jurusan pada siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif. Subjek penelitian sebanyak 110 siswa dengan menggunakan teknik sampel incidental sampling. Pengumpulan data menggunakan Skala N-MPQ yang terdiri dari 20 item. Analis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent Sample Test, uji Kruskal Wallis, dan uji Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis dalam penelitian ini ditolak (p > 0.05). Hal ini berarti tidak menunjukkan perbedaan kecenderungan nomophobia berdasarkan jenis kelamin, kelas, dan jurusan. Subjek berada dalam kategori sedang dalam kecenderungan nomophobia. Kata Kunci: nomophobia, jenis kelamin, kelas, jurusan, siswa

Item Type: Article
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Santi Yovita Sari
Date Deposited: 31 Jan 2024 04:32
Last Modified: 31 Jan 2024 04:32
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9577

Actions (login required)

View Item View Item