Analisis Reversible Thinking Matematis Pada Siswa Sma Ditinjau Dari Gaya Kognitif Terhadap Materi Eksponen Logaritma

Azhari, Siti Fatimatus Sholiha (2023) Analisis Reversible Thinking Matematis Pada Siswa Sma Ditinjau Dari Gaya Kognitif Terhadap Materi Eksponen Logaritma. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14 (3). pp. 448-461. ISSN 2579-7646

[img] Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal 1.pdf

Download (86kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
17315-57512-1-PB (1) (1).pdf

Download (627kB)
Official URL: https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/art...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kemampuan berpikir secara berkebalikan, yang disebut reversible thinking, diperlukan dalam menjawab pertanyaan matematika. Penelitian ini juga bermaksud untuk menggambarkan bagaimana kemampuan berpikir secara berkebalikan dalam konteks matematika dimanifestasikan oleh siswa SMA. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dan melibatkan dua subjek, yaitu satu siswa dengan gaya kognitif Field Independent dan satu siswa dengan gaya kognitif Field dependent. Pemilihan subjek penelitian ini didasarkan pada penggunaan instrumen tes gaya kognitif Group Embedded Figure Test (GEFT). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Instrumen yang digunakan mencakup GEFT, Tes Reversible Thinking matematis Eksponen Logaritma, dan Lembar Validasi Tes untuk mengukur kevalidan instrumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua subjek, baik yang Field Independent (FI) maupun yang Field dependent (FD), berhasil memenuhi semua indikator dalam menyelesaikan soal eksponen logaritma.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: kemampuan reversible thinking matematis, eksponen logaritma, gaya kognitif, field independet, field dependent
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Siti Fatimatus Sholiha Azhari
Date Deposited: 15 Feb 2024 03:02
Last Modified: 15 Feb 2024 03:02
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9614

Actions (login required)

View Item View Item