Wulandari, Dwi (2023) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Numerasi Berdasarkan Gaya Belajar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7 (1). pp. 1081-1093. ISSN 2614-8854
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL_DWI WULANDARI 200402015.pdf Download (340kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal numerasi berdasarkan gaya belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berjenis deskriptif. Pelaksanaan penelitian pada kelas VIII MTs. Taswirul Afkar semester ganjil tahun ajaran 2023/2024. Subjek penelitian ini terdiri dari 2 siswa gaya belajar Visual, 2 siswa gaya belajar Auditori, dan 2 siswa gaya belajar Kinestetik. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes kemampuan berpikir kritis dalam menyelesaikan soal numerasi dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan (1) siswa dengan gaya belajar Visual memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis sedang dan mampu memenuhi 2 aspek kemampuan berpikir kritis yakni aspek evaluasi dan kesimoulan dengan lengkap dan tepat; (2) siswa dengan gaya belajar Auditori memiliki tingkat kemampuan berpikir kritis tinggi dan mampu memenuhi 4 aspek kemampuan berpikir kritis, yakni analisis, evaluasi, kesimpulan dan penjelasan dengan lengkap; (3) siswa dengan gaya belajar kinestetik memiliki tingkat kemampuan berpikit kritis rendah dan mampu memenuhi 2 aspek kemampuan berpikir kritis yakni evaluasi dan kesimpulan, namun kurang lengkap dan tepat.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Critical thinking skills, Learning style, Numeracy |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Dwi Wulandari |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 08:57 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 09:00 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9645 |
Actions (login required)
View Item |