Rohmawati, Siti (2022) Simulasi Model Sistem Pelayanan Truck Pada Proses Muat Pupuk Dengan Menggunakan Software Arena Untuk Mengoptimalkan Fasilitas Pelayanan (Studi Kasus: Gudang Multiguna (GMG) PT Petrokimia Gresik). JUSTI (Jurnal Sistem Dan Teknik Industri), 3 (2). pp. 204-216. ISSN 2746-0835
|
Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (247kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
2020_TA_T.IND_170601096_JURNAL.pdf Download (754kB) | Preview |
Abstract
Kelancaran proses distribusi pelayanan yang optimal memerlukan dukungan sistem penunjang distribusi yang baik dan lancar, dengan itu akan berdampak pada ketepatan waktu proses pendistribusian. Sedangkan hambatan yang sering terjadi didalam kelancaran proses distribusi pelayanan adalah hambatan di dalam lintasan pelayanan atau pada kesibukan sistem pelayanan itu sendiri. Ketidakseimbangan lintasan dalam kegiatan pelayanan distribusi di pabrik dapat dilihat dari terlalu padatnya tingkat kedatangan pelanggan dalam sistem, sedangkan di server tetap bekerja secara penuh. Hal ini juga dialami oleh PT. Petrokimia Gresik pada kegiatan proses pemuatan pupuk di Gudang Multiguna (GMG) dimana pada gudang ini terjadi kedatangan truck untuk muat pupuk yang sangat padat pada setiap harinya yang melebihi kemampuan server, hal ini yang menyebabkan antrian yang panjang setiap harinya karena terjadi ketidakseimbangan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mensimulasikan model sistem pelayanan untuk mengatasi permasalahan yang tersebut dengan menggunakan software Arena 14.0, kemudian melakukan analisis study kelayakan investasi pada ususlan perbaikan. Dari hasil simulasi model awal yaitu dengan menggunakan 2 server diketahui rata-rata lamanya waktu tunggu server 1 adalah 3,0808 jam dan waktu tunggu pada server 2 adalah 3,2425 jam, output kondisi saat ini sebesar 38,867 output, dan utilitas masing-masing sebesar 1,00. dari kondisi awal tersebut dilakukan beberapa usulan perbaikan dan didapatkan hasil usulan terbaik yaitu pada usulan pertama dengan rata-rata waktu tunggu pada server 1 adalah 0,47118 jam dan waktu tunggu pada server 2 adalah 1,2083 jam. Output sebesar 89,8 output, dengan nilai NPV terbesar dibandingkan dengan model usulan lainnya yaitu Rp608.573.989,6 dengan periode pengembalian tercepat yaitu 1,28 tahun dibandingkan dengan umur ekonomisnya 5 tahun. Untuk itu, dari hasil penelitian ini diharapkan bisa menjadi rekomendasi perbaikan pada kegiatan proses muat pupuk di Gudang Multiguna PT Petrokimia Gresik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : Ketidakseimbangan sistem pelayanan, antrian, studi kelayakan, simulasi, software Arena 14.0 |
Subjects: | Engineering > Industrial Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Industrial Engineering Study Program |
Depositing User: | Siti Rohmawati Rohmawati |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 03:39 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 03:39 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9730 |
Actions (login required)
View Item |