Syafiatul, Lailiyyah (2023) Analisis Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self-Directed Learning. Postulat : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4 (1). pp. 1-20. ISSN 2723-0600
|
Text
IMG_20240222_105046.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
document.pdf Download (784kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VII SMP pada materi aritmatika sosial yang ditinjau dari tingkat Self-Directed Learning tinggi, sedang, dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 peserta didik kelas VII-A SMP YPI Darussalam 1 Tahun Pelajaran 2022/2023. Penentuan subjek tersebut berdasarkan hasil angket Self-Directed Learning. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini yaitu angket Self-Directed Learning, tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan wawancara. Data yang digunakan adalah hasil tes dan hasil wawancara. Berdasarkan analisi yang telah dilakukan peneliti, maka hasil penelitian sebagai berikut : 1) Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tingkat self-directed learning tiinggi, tidak semua mampu memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah. Terlihat dari subjek yang memiliki skor terbawah dari tingkat self-directed learning tinggi, hanya memenuhi indikator 1,2, dan 3 kemampuan pemecahan masalah matematis. 2) Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tingkat self-directed learning sedang dari kedua subjek yang memiliki skor tertinggi dan terendah, bahwa mereka hanya mampu memenuhi indikator 2 dan 3 kemampuan pemecahan masalah matematis. 3) Peserta didik yang memiliki kemampuan pemecahan masalah matematis dengan tingkat self-directed learning rendah, dari subjek yang memiliki skor tertinggi hanya memenuhi indikator 3 kemampuan pemecahan masalah, sedangkan yang memiliki skor terbawah tidak mampu memenuhi seluruh indikator pemecahan masalah matematis.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Solving Ability, Self-Directed Learning |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Syafiatul Lailiyyah |
Date Deposited: | 07 Mar 2024 03:34 |
Last Modified: | 07 Mar 2024 03:34 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9752 |
Actions (login required)
View Item |