Pengaruh Self efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Semen Gresik

Heriniansyah, Bunga Putri (2023) Pengaruh Self efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMK Semen Gresik. Pengaruh Self-efficacy Terhadap Prestasi Belajar Matematika kelas XI SMK SEMEN GRESIK, 5 (2). pp. 50-55. ISSN 2715-8985

[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (144kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
763-Article Text-2756-1-10-20231218.pdf

Download (263kB)
Official URL: https://jurnalunibi.unibi.ac.id/ojs/index.php/JIPS...

Abstract

Self efficacy adalah salah satu faktor yang mempengaruhi belajar dan suatu keyakinan seseorang untuk menangani situasi dengan cara yang menghasilkan hasil yang memuaskan, Oleh karena itu, peneliti ingin mengetahui secara lebih mendalam terkait dengan pengaruh Self efficacy dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar Matematika pada siswa, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh Self efficacy terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika siswa kelas XI SMK Semen Gresik. Tipe penelitian ini menggunakan metode kuantitatif tersebut berdasarkan pertimbangan pada angka- angka atau statistik yang digunakan sebagai meneliti populasi atau sample tertentu Penggunaan tipe kuantitatif tidak dapat dilepaskan dari pemikiran positivisme. Berdasarkan hasil analisis uji regresi linear sederhana diperoleh nilai sig 0.000. Artinya nilai signifikan 0,05, jadi dapat diketahui Self efficacy (x) mempengaruhi Prestasi Belajar Matematika pada siswa SMK Semen Gresik., yang menyatakan bahwa terdapat hubungan antara Self efficacy dengan prestasi belajar siswase. Dari pembahasan diatas dapat diketahui bahwa “Terdapat Pengaruh Yang Signifikan Antara Self efficacy Dengan Prestasi Belajar”. Selain itu masih banyak faktor yang lain yang dapat mempengaruhi antara variabel tersebut. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai resgresi linear sederhana pada variabel Self efficacy terhadap Prestasi Belajar dengan nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000. Dibandingkan dengan taraf signifikansi 0.05, nilai sig (2-tailed) ini lebih kecil yang artinya terdapat pengaruh variabel Self efficacy (X) terhadap Prestasi Belajar (Y). Hasil R Square (R^2) menunjukkan angka sebesar 0.451 yang berarti Self efficacy sebagian sebesar (0,451%) terhadap variabel Prestasi belajar sedangkan sisanya sebesar (99,549%) dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Self efficacy, prestasi belajar, matematika
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Bunga Putri Heriniansyah
Date Deposited: 30 Apr 2024 03:58
Last Modified: 30 Apr 2024 03:58
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/9831

Actions (login required)

View Item View Item