Nisa', Kholishotun (2023) Hubungan Lama Paparan Radiasi Monitor Komputer Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Karyawan (Studi Kasus : Di Universitas Muhammadiyah Gresik). Jurnal Medika Malahayati, 7 (4). pp. 1103-1108. ISSN 2549-3582
|
Text
pernyataan publikasi.pdf Download (406kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
Kholishotun Nisa' (JURNAL SINTA 5).pdf Download (271kB) | Preview |
Abstract
Abstrak: Hubungan Lama Paparan Radiasi Monitor Komputer Dengan Keluhan Kelelahan Mata Pada Karyawan (Studi Kasus: Di Universitas Muhammadiyah Gresik). Paparan radiasi yang dihasilkan komputer dapat menimbulkan efek jangka pendek dan jangka panjang bagi penggunanya, salah satunya keluhan kelelahan mata. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif yang menggunakan metode penelitian survei analitik dengan desain cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan Random Sampling yang berjumlah 92 orang. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan analisis uji statistik menggunakan uji coeficient contingensi. Hasil pengukuran lama paparan radiasi monitor komputer pada tenaga kependidikan pengguna komputer diperoleh bahwa Sebagian besar Tenaga Kependidikan terpapar radiasi sebanyak (64,0%) dan sebagian besar mengalami keluhan kelelahan mata sebanyak (57,3%). Hasil uji coeficient contingensi menunjukkan ada hubungan yang signifikan dengan p value 0,004 < α 0,05. Disimpulkan bahwa ada hubungan antara lama paparan radiasi monitor komputer dengan keluhan kelelahan mata pada tenaga kependidikan di Universitas Muhammadiyah Gresik, sehingga diharapkan melakukan istirahat secara berkala.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keluhan Kelelahan Mata, Lama paparan radiasi monitor komputer, Tenaga Kependidikan. |
Subjects: | Health Health > Public Health |
Divisions: | Faculty of Health > Public Health Study Program |
Depositing User: | Kholishotun Nisa |
Date Deposited: | 14 May 2024 02:59 |
Last Modified: | 14 May 2024 03:00 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10095 |
Actions (login required)
View Item |