Analisis Translasi Representasi Matematis dalam Menyelsaikan AKM Data dan Ketidakpastian Berdasarkan Gaya Berpikir

Rahmah, Anisa Fitri Nur (2024) Analisis Translasi Representasi Matematis dalam Menyelsaikan AKM Data dan Ketidakpastian Berdasarkan Gaya Berpikir. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (217kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (565kB)
[img] Text
HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL SKRIPSI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (822kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (938kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi kemampuan siswa SMP dalam translasi representasi matematis saat menjawab soal AKM numerasi, dengan fokus pada gaya berpikir. Dalam upaya meningkatkan standar pendidikan di Indonesia, kurikulum modern menekankan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan gaya berpikir siswa dengan kemampuan translasi representasi matematis menggunakan soal AKM numerasi. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan subjek penelitian 4 siswa kelas VIII di SMPN, dipilih berdasarkan karakteristik gaya berpikir. Data dikumpulkan melalui survei gaya belajar, ujian AKM, dan wawancara. Analisis data melibatkan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada 9 November 2023. Hasil menunjukkan karakteristik gaya berpikir, dengan sekuensial konkret(41,9%), acak konkret (32,3%), acak abstrak (19,4%), dan sekuensial abstrak (6,4%). Hasil penelitian menekankan perbedaan dalam pemahaman, koordinasi, konstruksi, dan penilaian solusi di antara siswa. Siswa sekuensial konkret memiliki kemampuan translasi verbal yang sangat baik, sedangkan siswa sekuensial acak dan acak konkret cenderung kurang baik, terutama dalam representasi simbolik. Gaya berpikir acak abstrak juga tergolong kurang baik dalam translasi. Tahap unpacking the source dan preliminary coordination menjadi tantangan bagi beberapa siswa. Penelitian menyimpulkan bahwa meskipun jawaban akhir serupa, siswa dengan gaya berpikir berbeda menunjukkan proses penyelesaian yang beragam dalam translasi representasi matematis.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Translasi, representasi matematis , numerasi, AKM, gaya berpikir
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Anisa Fitri Nur Rahmah
Date Deposited: 14 May 2024 02:41
Last Modified: 14 May 2024 02:41
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10420

Actions (login required)

View Item View Item