Rahmah, Anisa Fitri Nur (2024) Analisis Translasi Representasi Matematis dalam Menyelsaikan AKM Data dan Ketidakpastian Berdasarkan Gaya Berpikir. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (565kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL SKRIPSI.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (822kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (938kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
Text
BAB V.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengeksplorasi kemampuan siswa SMP dalam translasi representasi matematis saat menjawab soal AKM numerasi, dengan fokus pada gaya berpikir. Dalam upaya meningkatkan standar pendidikan di Indonesia, kurikulum modern menekankan pembelajaran matematika. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan gaya berpikir siswa dengan kemampuan translasi representasi matematis menggunakan soal AKM numerasi. Metode kualitatif deskriptif digunakan dengan subjek penelitian 4 siswa kelas VIII di SMPN, dipilih berdasarkan karakteristik gaya berpikir. Data dikumpulkan melalui survei gaya belajar, ujian AKM, dan wawancara. Analisis data melibatkan reduksi, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian dilakukan pada 9 November 2023. Hasil menunjukkan karakteristik gaya berpikir, dengan sekuensial konkret(41,9%), acak konkret (32,3%), acak abstrak (19,4%), dan sekuensial abstrak (6,4%). Hasil penelitian menekankan perbedaan dalam pemahaman, koordinasi, konstruksi, dan penilaian solusi di antara siswa. Siswa sekuensial konkret memiliki kemampuan translasi verbal yang sangat baik, sedangkan siswa sekuensial acak dan acak konkret cenderung kurang baik, terutama dalam representasi simbolik. Gaya berpikir acak abstrak juga tergolong kurang baik dalam translasi. Tahap unpacking the source dan preliminary coordination menjadi tantangan bagi beberapa siswa. Penelitian menyimpulkan bahwa meskipun jawaban akhir serupa, siswa dengan gaya berpikir berbeda menunjukkan proses penyelesaian yang beragam dalam translasi representasi matematis.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Translasi, representasi matematis , numerasi, AKM, gaya berpikir |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Anisa Fitri Nur Rahmah |
Date Deposited: | 14 May 2024 02:41 |
Last Modified: | 14 May 2024 02:41 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10420 |
Actions (login required)
View Item |