Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Al - Islam Morowudi

Fanani, Natasya Amelia (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Al - Islam Morowudi. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4 (4). pp. 44-54. ISSN 3025-6488

[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
Artikel.pdf

Download (138kB) | Preview
Official URL: https://ejournal.warunayama.org/index.php/sindoroc...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Al – Islam Morowudi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen semu karena dalam penelitian ini, peneliti tidak dapat mengontrol seluruh variabel. Analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji-T. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Al-Islam Morowudi tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 56 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan pre-test dan post-test sebanyak 20 soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji-T menunjukkan nilai rata�rata pada post-test yang diperoleh pada kelas eksperimen yaitu 79,64. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 73,75. Dari hasil tersebut, maka dapat dibuktikan dengan pengujian dimana nilai t hitung > t tabel yaitu 2,545 > 1,703 Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) dapat mempengaruhi hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran GQGA, IPAS
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Natasya Amelia Fanani
Date Deposited: 31 May 2024 02:45
Last Modified: 31 May 2024 02:45
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10587

Actions (login required)

View Item View Item