Fanani, Natasya Amelia (2024) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Giving Question And Getting Answer (GQGA) Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Al - Islam Morowudi. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4 (4). pp. 44-54. ISSN 3025-6488
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Jurnal.pdf Download (185kB) |
|
Text (Artikel Publikasi)
Artikel.pdf Download (138kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) terhadap hasil belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Al – Islam Morowudi. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu eksperimen semu karena dalam penelitian ini, peneliti tidak dapat mengontrol seluruh variabel. Analisis data yang digunakan yaitu Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji Hipotesis menggunakan Uji-T. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Al-Islam Morowudi tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 56 peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan pre-test dan post-test sebanyak 20 soal pilihan ganda. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan Uji-T menunjukkan nilai rata�rata pada post-test yang diperoleh pada kelas eksperimen yaitu 79,64. Sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 73,75. Dari hasil tersebut, maka dapat dibuktikan dengan pengujian dimana nilai t hitung > t tabel yaitu 2,545 > 1,703 Maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Giving Question and Getting Answer (GQGA) dapat mempengaruhi hasil Belajar IPAS Pada Siswa Kelas IV
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Model Pembelajaran GQGA, IPAS |
Subjects: | Education Primary and secondary education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program |
Depositing User: | Natasya Amelia Fanani |
Date Deposited: | 31 May 2024 02:45 |
Last Modified: | 31 May 2024 02:45 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10587 |
Actions (login required)
View Item |