Implementasi Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Salafiyah Modern AlAshshochy OnggoJoyo Manyar Gresik

Qomar, Moh Ibnu Fajar Roy (2023) Implementasi Ilmu Tajwid dalam Pembelajaran Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Salafiyah Modern AlAshshochy OnggoJoyo Manyar Gresik. undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH GRESIK.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN ORISINALITAS.pdf

Download (462kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf

Download (472kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI KARYA ILMIAH.pdf

Download (283kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 1_Moh Ibnu Fajar Roy Qomar.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 2_Moh Ibnu Fajar Roy Qomar.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 3_Moh Ibnu Fajar Roy Qomar.pdf

Download (6MB)
[img] Text
BAB 4_Moh Ibnu Fajar Roy Qomar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img] Text
BAB 5_Moh Ibnu Fajar Roy Qomar.pdf

Download (6MB)
[img] Text
DFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber utama ajaran Islam yang menjadi pedoman hidup bagi setiap muslim yang diyakini oleh seluruh umat Islam sebagai kalamullah (firman Allah SWT) yang mutlak dan benar, berlaku sepanjang zaman dan mengandung ajaran-ajaran dan petunjuk tentang berbagai hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia didunia dan diakhirat. Oleh karena itu sangatlah rasional apabila Al-Qur’an mendapat porsi yang besar untuk dijadikan bahan pembelajaran disertai jenjang pendidikan bagi umat islam di Indonesia. Pondok Pesantren Salafiyah Modern Al-Ashshochchy Onggo Joyo, Manyar-Gresik merupakan salah satu pesantren yang menerapkan pembelajaran Al-Qur’an untuk menumbuhkan kecintaan santri terhadap kitab suci umat islam dengan memberikan pengajaran tajwid sebagai dasarnya. Maka penulis perlu mengetahui bagaimana penerapan Ilmu Tajwid santri di Pondok Pesantren tersebut dengan metode penelitian kualitatif dan mendapatkan beberapa metode yang efektif dalam proses ilmplementasi ilmu tajwid, seperti metode qiro’ah, menghafal, tulis menulis, mudzakarah, mutharahah, dan muthala’ah. Dimana pemilihan metode pembelajaran ilmu tajwid yang tepat dapat berpengaruh terhadap pencapaian membaca Al’Quran yang baik dan benar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid santri.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Ilmu Tajwid, Metode Ilmu Tajwid
Subjects: Islamic Religion
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Moh Ibnu Fajar Roy Qomar
Date Deposited: 31 May 2024 02:10
Last Modified: 31 May 2024 02:10
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10604

Actions (login required)

View Item View Item