Baihaqi, Muhammad (2024) Sistem Penilaian Kinerja Guru Dengan Metode Addittive Ratio Assessment (Aras) (Studi Kasus MI Darul Ulum Benem). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
1. Lembar Pernyataan.pdf Download (712kB) |
|
Text
2. Lembar Persetujuan.pdf Download (541kB) |
|
Text
3. Lembar Pengesahan.pdf Download (705kB) |
|
Text
4. Lembar Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah.pdf Download (192kB) |
|
Text
5. Halaman Judul.pdf Download (281kB) |
|
Text
6. BAB I.pdf Download (207kB) |
|
Text
7. BAB II.pdf Download (306kB) |
|
Text
8. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
9. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only until 28 June 2029. Download (2MB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Download (120kB) |
|
Text
11. Daftar Pustaka.pdf Download (250kB) |
|
Text
12. Lampiran.pdf Download (267kB) |
Abstract
MI Darul Ulum Benem adalah salah satu sekolah yang menerapkan penilaian kinerja guru yang dilakukan setiap tahun sekali. Tetapi dalam melakukan proses penilaian kinerja guru sering terjadi banyak masalah. proses penilaian guru dengan cara guru memberikan selembar kertas yang berisikan pertanyaan yang ditujukan sebuah guru terhadap siswa, dari setiap soal dan jawaban itu memiliki nilai berdasarkan peraturan yang ada. Dari beberapa permasalahan tersebut menurut kepala sekolah sendiri masih kurang sesuai untuk diterapkan dalam menerapkan penilaian kinerja guru. Kualitas suatu sekolah, dapat dilihat dari kualitas sumber daya yang terdapat pada sekolah tersebut. Dalam meningkatkan kualitas seorang guru. Salah satu cara untuk melihat kualitas guru dengan melakukan penilaian terhadap kinerja yang dihasilkan seorang guru. Manfaat lain dari penilaian kinerja ini, yaitu guru akan termotivasi untuk menjadi lebih baik, karena bagi guru yang memiliki nilai kinerja yang buruk, maka akan berdampak bagi murid terutama dalam pengajaran. Untuk menilai kinerja guru maka dibutuhkan sistem yang baik dengan tujuan untuk efensiensi pengunaan kertas serta mencari data lampau lebih cepat. Pada penelitian ini digunakan sistem pendukung keputusan dengan menerapkan metode Additive Ratio Assessment (ARAS). Agar hasil perhitungan menjadi lebih spesifik, maka bobot dihasilkan dengan menggunakan metode Rank Order Centroid (ROC). Berdasarkan hasil perhitungan dan pengujian dari setiap periode adalah sebagai berikut pada tahun 2019 memperoleh 85%, pada tahun 2020 memperoleh 80% dan pada tahun 2021 mendapatkan 85%. Dengan berhasilnya penerapan penilaian kinerja guru, maka akan memberikan kemudahan kepada sekolah untuk mengetahui hasil dari setiap guru dan menganalisa perkembangan seorang guru. Diharapkan hasil penelitian mampu membantu pengambil keputusan dalam penilaian kinerja seorang guru.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penilaian Kinerja, Guru, Sistem, Additive Ratio Assessment, Rank Order Centroid. |
Subjects: | Engineering > Informatics Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Informatics Engineering Study Program |
Depositing User: | Muhammad Baihaqi |
Date Deposited: | 27 Jun 2024 03:37 |
Last Modified: | 27 Jun 2024 03:37 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10658 |
Actions (login required)
View Item |