MEDIA BIJI SALAK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP OPERASI HITUNG PENGURANGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN YOSOWILANGUN

Munawaroh, Hasanatul (2019) MEDIA BIJI SALAK UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP OPERASI HITUNG PENGURANGAN PADA PESERTA DIDIK KELAS I SDN YOSOWILANGUN. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (105kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (108kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (230kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (71kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah karena kurangnya penguasaan konsep pemahaman mata pelajaran matematika pada materi operasi hitung pengurangan, sehingga mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Selain itu banyak peserta didik yang beranggapan bahwa mata pelajaran matematika itu sulit, sehingga menjadikan peserta didik kurang antusias saat pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu, peneliti melakukan Penelitian Tindakan Kelas menggunakan media biji salak agar peserta didik mampu menguasai operasi hitung pengurangan dengan hasil yang maksimal yaitu mencapai KKM. Subjek pada penelitian ini adalah peserta didik kelas 1 SDN Yosowilangun sejumlah 22 peserta didik. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimana peningkatan penguasaan konsep operasi hitung pengurangan dengan media biji salak pada peserta didik kelas I SDN Yosowilangun ?. PTK ini dilakukan dalam satu siklus dengan menggunakan model penelitian dari teori Kemmis dan Mc Taggart yang memiliki 4 tahapan yaitu: perencanaan (planning), pelaksanaan (acting), observasi (observing) dan refleksi (reflection). Cara pengumpulan data menggunakan tektik tes dengan lembar soal tes berjumlah 10 soal uraian. Hasil penelitian ini didapati peserta didik yang memenuhi KKM meningkat yaitu ≥ 70 terdapat 19 peserta didik (86 %). Peserta didik yang belum mencapai KKM ≤ 70 terdapat 3 peserta didik (14 %) dengan nilai rata-rata kelas 86. Sedangkan data observasi awal sebagai perbandingan, menunjukkan siswa yang memenuhi KKM hanya terdapat 15 siswa (68 %) dengan nilai rata-rata kelas diperoleh sebesar 68. Adanya perbandingan tersebut, menunjukkan bahwa data di atas menyatakan tingkat pencapaian peserta didik dalam penguasaan konsep operasi hitung pengurangan telah mengalami peningkatan dari observasi awal. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa menggunakan media biji salak berhasil meningkatkan penguasaan konsep peserta didik terutama dalam peningkatan operasi hitung pengurangan pada peserta didik kelas 1.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Early Childhood Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Shandy Rahma Ramadhan, S.IIP
Date Deposited: 02 May 2019 02:00
Last Modified: 02 May 2019 02:00
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1072

Actions (login required)

View Item View Item