Mulyani, Jaya Dina (2023) Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika Peserta Didik SMP. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
Text
01. HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN.pdf Download (256kB) |
|
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN SKRIPSI.pdf Download (36kB) |
|
Text
03. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
|
Text
04. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (532kB) |
|
Text
05. HALAMAN JUDUL.pdf Download (2MB) |
|
Text
06. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
09. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
10. BAB V.pdf Download (458kB) |
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (448kB) |
|
Text
12. LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Kemampuan penyelesaian masalah matematika sangat diperlukan dalam proses pembelajaran matematika. Peserta didik dianggap bisa dalam mata pelajaran matematika apabila peserta didik bisa menyelesaikan masalah matematika yang disajikan. Untuk dapat menyelesaikan masalah matematika peserta didik perlu memiliki kemampuan matematis salah satunya adalah komunikasi matematis dimana peserta didik mampu dalam mengomunikasikan ide matematis ke dalam bentuk matematis untuk dapat memperjelas suatu masalah sehingga lebih mudah dalam menyelesaikannya. Menurut penelitian terdahulu banyak hal yang bisa meningkatkan komunikasi matematis dan penyelesaian masalah matematika salah satunya adalah dengan kemandirian belajar. sehingga tujuan penelitian ini adalah uantuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan penyelesaian masalah matematika peserta didik SMP. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif dengan model analisis jalur yang mempunyai tujuan untuk melihat adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan penyelesaian masalah matematika peserta didik SMP pada semester genap tahun ajaran 2022-2023. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP di Kecamatan Duduksampeyan yaitu UPT SMP Negerti 15 Gresik, SMP YPI Nasrul Umam, dan SMP Islam Duduksampeyan tahun ajaran 2022-2023 yang berjumlah 225 peserta didik dengan sampel yang digunakan menggunakan rumus Slovin secara proportionate cluster random sampling dengan taraf kesalahan 5% sehingga total sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 144 peserta didik. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuesioner untuk kemandirian belajar dan tes untuk komunikasi matematis dan kemampuan penyelesaian masalah matematika. Dalam menganalisis instrumen di atas adalah dengan menggunakan teknik Structural Equation Modelling (SEM) dengan bantuan aplikasi AMOS 24. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemandirian belajar dengan kemampuan komunikasi matematis peserta didik dengan nilai C.R. sebesar 2,198 ≥ ±1,967 dengan taraf signifikan 0,028 ≤ 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan penyelesaian masalah matematika peserta didik sebesar 3,395 ≥ ±1,967 dengan taraf signifikan 0,000 ≤0,05. (3) terdapat pengaruh secara tidak langsung antara kemandirian belajar dengan kemampuan penyelesaian masalah matematika sebesar 17,1%. (4) Kemampuan komunikasi matematis menjadi variabel intervening atau variabel perantara dikarenakan ada pengaruh secara tidak langsung dari kemandirian belajar dengan kemampuan penyelesaian masalah matematika
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemandirian Belajar, Komunikasi Matematis, Kemampuan Penyelesaian Masalah Matematika |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Jaya Dina Mulyani |
Date Deposited: | 24 Feb 2024 18:10 |
Last Modified: | 24 Feb 2024 18:10 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/10957 |
Actions (login required)
View Item |