Efektivitas Stress Inoculation Training (SIT) untuk Menurunkan Stres Akademik pada Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik

Oktafianti, Sherly (2022) Efektivitas Stress Inoculation Training (SIT) untuk Menurunkan Stres Akademik pada Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Halaman Pernyataan Orisinalitas.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Persetujuan Publikasi Karya Ilmiah Untuk Kepentingan Akademik.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (340kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (202kB) | Preview
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (117kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana efektivitas Stress Inoculation Training (SIT) dalam menurunkan tingkat stres akademik pada mahasiswa PGSD. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis quasi-experimental dengan Nonequivalent Control Group Design. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 6 mahasiswa PGSD yang memiliki tingkat stres akademik sedang-berat. Kemudian subjek dibagi menjadi 2 kelompok yakni 3 subjek pada kelompok ekperimen dan 3 subjek pada kelompok kontrol. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Student Life Stress Inventory (SLSI) yang dikembangkan oleh Gadzella (1991). Modul pelatihan disusun berdasarkan referensi teori Donald Meichenbaum (1979 & 1985) dan penelitian mengenai Stress Inoculation Training oleh Suryanto dan Alfian (2020). Analisis hipotesis menggunakan teknik uji Mann-Whitney dengan bantuan aplikasi SPSS 26.0 for windows. Hasil analisis menunjukkan bahwa setelah diberikan Stress Inoculation Training (SIT) pada kelompok eksperimen, terdapat perbedaan skor yang signifikan antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai Z = -1.964 dan p = 0.05. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa terdapat efektivitas Stress Inoculation Training (SIT) untuk menurunkan stres akademik pada mahasiswa PGSD.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Stress Inoculation Training (SIT), Stres Akademik
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Sherly Oktafianti
Date Deposited: 15 Feb 2024 18:53
Last Modified: 15 Feb 2024 18:53
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11402

Actions (login required)

View Item View Item