Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa SMA Muhammadiyah 8 Cerme

Muhammad, Lazuardi Imani (2024) Pengaruh Dukungan Sosial Keluarga Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi Siswa SMA Muhammadiyah 8 Cerme. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
2024_TA_PSI_180701074_HALAMAN PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2024_TA_PSI_180701074_LEMBAR PERSETUJUAN.pdf

Download (92kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2024_TA_PSI_180701074_LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2024_TA_PSI_180701074_LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2024_TA_PSI_180701074_HALAMAN JUDUL.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2024_TA_PSI_180701074_BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2024_TA_PSI_180701074_BAB 2.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2024_TA_PSI_180701074_BAB 3.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
2024_TA_PSI_180701074_BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only until 7 November 2029.

Download (2MB)
[img]
Preview
Text
2024_TA_PSI_180701074_BAB 5.pdf

Download (381kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2024_TA_PSI_180701074_DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (720kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2024_TA_PSI_180701074_LAMPIRAN.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Adanya sistem pendidikan di Indonesia diharapkan seorang pelajar memiliki karakter yang baik, memiliki pengetahuan luas, hingga memiliki bekal agar mampu untuk bersaing di era modern dewasa ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dukungan sosial siswa terhadap motivasi melanjutkan perguruan tinggi. Metode kuantitatif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini melibatkan populasi siswa SMA Muhammadiyah 8 Cerme dengan teknik sampling jenuh, diperoleh responden 214 subjek. Pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan skala Dukungan Sosial Keluarga dan Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi. Hasil yang didapatkan yaitu terdapat pengaruh dukungan sosial keluarga terhadap motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dengan nilai F sebesar 65.542 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p<0,05). Temuan penelitian ini mengerucut penelitian sebelumnya tentang hubungan dukungan sosial keluarga dan motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Berdasarkan perhitungan SPSS diketahui bahwa R Square sebesar 0,233 yang berarti variabel dukungan sosial keluarga memberikan sumbangsih sebesar 23,3% terhadap variabel motivasi melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Sedangkan sisanya sebesar 76,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Dukungan Sosial, Motivasi, Motivasi Melanjutkan Perguruan Tinggi
Subjects: Psychology
Psychology > Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > Psychology Study Program
Depositing User: Lazuardi Imani Muhammad
Date Deposited: 31 Mar 2024 18:18
Last Modified: 31 Mar 2024 18:18
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11700

Actions (login required)

View Item View Item