Hubungan Lingkungan Kerja dan Stres Kerja dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri

Nurafifah, Dwi Ayu (2023) Hubungan Lingkungan Kerja dan Stres Kerja dengan Kinerja Guru Sekolah Dasar Negeri. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9 (12). pp. 146-154. ISSN 2622-8327

[img]
Preview
Text
Halaman Persertujuan Publikasi Jurnal.pdf

Download (847kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
Jurnal _ Dwi Ayu Nurafifah .pdf

Download (197kB) | Preview
Official URL: https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article...

Abstract

Tugas yang dibebankan kepada Guru menimbulkan potensi yang dapat mengganggu proses belajar mengajar. Sarana prasarana pendukung pelaksanaan belajar mengajar yang kurang memadai serta jumlah SDM Guru yang tidak sebanding dengan jumlah siswa dapat menimbulkan stres kerja terlebih adanya deadline sehingga mengganggu kinerja Guru. Prevalensi rata – rata stres kerja yaitu 9,8% dari total kasus stres kerja di indonesia. Tujuan Penelitian: Menganalisis hubungan lingkungan kerja dan stres akibat kerja dengan kinerja pada guru Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Cerme. Metode: Penelitan ini termasuk dalam Observasional Analitik yang menggunakan pendekatan waktu Cross Sectional. Pengambilan sampel penelitian memakai teknik Cluster Random Sampling dengan jumlah sampel penelitian sebesar 157 responden. Teknik analisis penelitian ini memakai Uji Korelasi Spearman. Hasil: Adanya hubungan signifikan antara variabel lingkungan kerja dan kinerja pada guru dengan nilai signifikansi (2-tailed) p = 0,000 dan angka koefisien korelasi sebesar 0,640. Hubungan variabel stres akibat kerja dan variabel kinerja pada guru dengan hasil nilai signifikansi (2-tailed) p = 0,000 dan angka koefisien korelasi sebesar -0,572. Kesimpulan: Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh hasil adanya hubungan pada variabel lingkungan kerja dan stres kerja dengan kinerja pada guru, diperlukan upaya untuk menyatukan tujuan dan memiliki persepsi yang sama terhadap peningkatan kinerja

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Work Environment, Work Stress, Teacher Performance.
Subjects: Health
Health > Public Health
Divisions: Faculty of Health > Public Health Study Program
Depositing User: Dwi Ayu Nurafifah
Date Deposited: 25 Aug 2025 02:55
Last Modified: 25 Aug 2025 02:55
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/11752

Actions (login required)

View Item View Item