Masrukhah, Nurul (2024) Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4 (3). pp. 539-552. ISSN 2797-6467
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (412kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI NURUL MASRUKHAH.pdf Download (337kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL), dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian berlangsung di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas dengan subjek 15 peserta didik dari kelas VII A, yang dipilih melalui metode purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan tes. Metode analisis data yang dipilih meliputi analisis data gaya belajar, analisis data aktivitas peserta didik, serta analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Aktivitas peserta didik selama diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) memperoleh hasil persentase sebesar 80,63%, termasuk dalam kriteria aktif. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) berkembang, kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan gaya belajar auditorial menurut pentahapan Newman pada tes awal kurang mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban, sedangkan pada tes akhir peserta didik mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan gaya belajar kinestetik menurut pentahapan Newman pada tes awal juga kurang mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban, sedangkan pada tes akhir peserta didik mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) juga termasuk dalam kategori baik dengan nilai sebesar 83,33.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran berdiferensiasi; model problem-based learning; pemecahan masalah matematika |
Subjects: | Education Mathematic Education |
Divisions: | Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program |
Depositing User: | Nurul Masrukhah |
Date Deposited: | 12 Apr 2024 17:56 |
Last Modified: | 12 Apr 2024 17:56 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12052 |
Actions (login required)
View Item |