Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik

Masrukhah, Nurul (2024) Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Mengembangkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4 (3). pp. 539-552. ISSN 2797-6467

[img]
Preview
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL PUBLIKASI NURUL MASRUKHAH.pdf

Download (337kB) | Preview
Official URL: https://bimaberilmu.com/jurnal/index.php/jagomipa/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas peserta didik selama diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL), dan mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model PBL. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Pelaksanaan penelitian berlangsung di SMP Muhammadiyah 4 Kebomas dengan subjek 15 peserta didik dari kelas VII A, yang dipilih melalui metode purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan tes. Metode analisis data yang dipilih meliputi analisis data gaya belajar, analisis data aktivitas peserta didik, serta analisis data kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah: (1) Aktivitas peserta didik selama diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) memperoleh hasil persentase sebesar 80,63%, termasuk dalam kriteria aktif. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) berkembang, kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan gaya belajar auditorial menurut pentahapan Newman pada tes awal kurang mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban, sedangkan pada tes akhir peserta didik mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik dengan gaya belajar kinestetik menurut pentahapan Newman pada tes awal juga kurang mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban, sedangkan pada tes akhir peserta didik mampu dalam memproses permasalahan dan penulisan jawaban. Kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik setelah diterapkan Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Model Problem Based Learning (PBL) juga termasuk dalam kategori baik dengan nilai sebesar 83,33.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berdiferensiasi; model problem-based learning; pemecahan masalah matematika
Subjects: Education
Mathematic Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Mathematic Education Study Program
Depositing User: Nurul Masrukhah
Date Deposited: 12 Apr 2024 17:56
Last Modified: 12 Apr 2024 17:56
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12052

Actions (login required)

View Item View Item