Implementasi Metode Qiro’Ati Dalam Membaca Alqur’an Pada Santri TPQ Al-Muttaqin Duduk Sampeyan Gresik Di Era Pandemi Covid-19

Khodijah, Siti (2021) Implementasi Metode Qiro’Ati Dalam Membaca Alqur’an Pada Santri TPQ Al-Muttaqin Duduk Sampeyan Gresik Di Era Pandemi Covid-19. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img]
Preview
Text
Halaman Orisinalitas _SITI KHODIJAH.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Halaman Pengesahan _SITI KHODIJAH.pdf

Download (302kB) | Preview
[img]
Preview
Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only until 29 August 2030.

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
BAB V.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN - LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi Metode Qiro’ati Dalam Membaca Al-Qur’an Pada Santri Tpq Al-Muttaqin Duduksampeyan Gresik Di Era Pandemi Covid-19. Dalam penelitian ini, metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif analisis dengan latar penelitian di Taman Pendidikan Al-Qur’an Pada Santri Tpq Al-Muttaqin. Salah satu agar menjadi guru profesional yaitu harus memiliki strategi dan metode pembelajaran yang tepat. Jika guru memiliki startegi dan metode yang tepat maka peserta didik lebih aktif dan semangat untuk mengikuti pembelajaran yang di ajarkan oleh guru. Metode Qiro’ati adalah suatu metode membaca AlQur’an yang langsung memasukkan dan mempraktekkan bacaan tartil sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Adapun pelaksanaan atau langkah pada pembelajaran Qiro‟ati adalah yang pertama yaitu Pembelajaran Awal dengan membaca do‟a. Kemudian pembelajaran Inti yaitu Ustadzah menerangkan pelajaran pada halaman yang ditentukan tersebut dan memberi contoh cara membacanya yang benar sebanyak tiga kali. Dan selanjutnya yaitu Pembelajaran Akhir yaitu Ustadzah mereview pembelajaran dengan mengajak siswa mengulang klasikal pada halaman pokok materi. Dengan demikian, membaca Al-Qur‟an di TPQ Al-Muttaqin dengan menggunakan metode Qiro‟ati anak-anak mengikuti pembelajaran dengan baik sesuai dengan arahan ustadzah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Qiro’ati, TPQ
Subjects: Islamic Education
Islamic Religion
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: Siti Khodijah
Date Deposited: 29 Aug 2025 09:23
Last Modified: 29 Aug 2025 09:23
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12733

Actions (login required)

View Item View Item