Hakim, Lukman (2021) Peran Madrasah Diniyah Awwaliyah Takmiliyah Miftakhul Ulum Dalam Pembentukan Nilai Islami Pada Anak-Anak Di Desa Wadak Lor Kecamatan Duduk Sampeyan Kabupaten Gresik. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.
|
Text
HALAMAN ORISINALITAS.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PENGESAHAN.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN JUDUL.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (6MB) | Preview |
|
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (6MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena akhir zaman yang ditunjukkan dengan adanya krisis religius, terutama pada anak-anak usia sekolah dan dimana peranan lembaga keagamaan seperti madrasah diniyah menghadapi permaslahan tersebut. Fokus permasalahan dalam penelitian adalah bagaimana peran di Madrasah Diniyah Awaliyah Miftakhul Ulum dalam Pembentukan Nilai Islami Pada Anak-Anak Di Desa Wadak Lor. Madrasah tersebut dijadikan sebagai sumber data untuk mendapatkan potret peran pembentukan nilai Islami di Madrasah Diniyah. Dimana data diperoleh dengan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Madrasah Diniyah Awwaliyah Takmiliyah Miftakhul Ulum dalam Pembentukan Nilai Islami Pada Anak-Anak Di Desa Wadak Lor memilki peran positif. Dalam mendeskripsikan tentang peran Madrasah Diniyah Awwaliyah Takmiliyah Miftakhul Ulum menggunakan toeri peran yaitu adaptasi, pencapaian tujuan, integrasi, dan pemeliharaan pola. Pertama, proses adaptasi menunjukan peran positif dimana nilai Islami anak menjadi berkembang setelah santri dididik di Madrasah Diniyah Awwaliyah Takmiliyah Miftakhul Ulum.Ketika masuk Madrasah Diniyah santri mendapat penyesuaian melalui proses pembelajaran sehingga nilai Islami anak dibentuk menjadi a. (al-Qur‟an)ۗb.ۗ (Akhlak) c. (Tauhid) d. (Fikih) e. (Ke-NU-An). Kedua, pencapaian tujuan pembentukan karakter religius memliki goal meyiapkan santri yang beriman bertaqwa, dan berakhlaqul karimah sebagaimana visi dari Madrasah Diniyah Awwaliyah Takmiliyah Miftakhul Ulum memiliki visi. Ketiga, melakukan beberapa integrasi dalam membentuk nilai Islami anak diantaranya integrasi nilai. Keempat, pemeliharaan pola Madrasah Diniyah Awwaliyah Takmiliyah Miftakhul Ulum menciptakan kegiatan pembiasaan dalam membantu memelihara peran madrasah dalam pembentukan karakter religius. Melalui pembiasaan tersebut akan membiasakan santri untuk berperilaku religius di lingkungan madrasah. Bentuk pembiasaan di Madrasah Diniyah seperti pembiasaan sholat ashar berjamaah, pembiasaan berdoa, pembiasaan sopan santun, pembiasaan istighasah dan ziarah serta peringatan hari besar Islam Berdasarkan hasil penelitian memberikan saran bahwa Madrasah Diniyah diharapkan mampu untuk meningkatkan segala bentuk upaya pembentukan karakter religius kepada santri melalui meningkatkan mutu penddidikan agama. Sebagai lembaga pendidikan keagamaan Madrasah Diniyah Awwaliyah Takmiliyah Miftakhul Ulum memeliki peran strategis bukan hanya sekedar meningkatan kecerdasan agama anak, akan tetapi juga memilki peran strategis dalam menjaga moralitas bangsa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Islamic Education Education |
Divisions: | Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program |
Depositing User: | Admin Admin Admin |
Date Deposited: | 06 Mar 2025 02:59 |
Last Modified: | 06 Mar 2025 02:59 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12755 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |