Hidayatullah, Mohammad syarif (2024) Inovasi Layanan Melalui Taktik Loyalty Program & Self-Service Pada Toko Retail “Arafah” Sebagai Respon Membesarnya Pasar Ekonomi Bawah Akibat Dampak Covid-19. Jurnal Adijaya Multidisiplin, 2 (3). pp. 365-373. ISSN 2964-7606
|
Text
12. HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (158kB) | Preview |
|
![]() |
Text (artikel publikasi)
13. Jurnal syarif.pdf Restricted to Repository staff only until 30 January 2030. Download (415kB) |
Abstract
Terjadi pergeseran jumlah masyarakat menengah menjadi masyarakat dengan ekonomi bawah karena dampak ekonomi covid-19. Ini memunculkan peluang baru untuk usaha retail kalangan bawah. Tujuan penelitian untuk mengetahui inovasi bisnis apa saja yang dilakukan oleh Toko Retail Arafah sehingga mampu meningkatkan pendapatan disaat pasar kelas bawah semakin besar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif kepada Toko Retail Arafah yang berada di Jl. Raya Mojopuro kec, Balongpanggang Kabupaten Gresik. Data penelitian didapatkan ini melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara kepadapemilik usaha, 4 orang karyawan, 3 orang supplier dan 10 orang konsumen. Adapun teknik analisis data menggunakan metode Miles & Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi inovasi loyalty & self service program mampu meningkatkan pendapatan penambahan customer dari masyarakat ekonomi bawah
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inovasi Bisnis, Loyalty Program, Self Service Program , Pasar bawah, Toko Retail, dampak covid-19 |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Entrepreneurship |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program |
Depositing User: | MOHAMMAD SYARIF HIDAYATULLAH |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 04:14 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 04:14 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12758 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |