PENGARUH KEGIATAN EKSTRA KURIKULER BACA AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI SMAM 08 CERME

Abidin, Husein (2014) PENGARUH KEGIATAN EKSTRA KURIKULER BACA AL-QUR’AN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI SMAM 08 CERME. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Gresik.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB I A4.pdf

Download (655kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (578kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)
[img] Text
dapus.pdf

Download (136kB)

Abstract

Pendidikan merupakan proses humanisasi melalui pengangkatan manusia ke taraf insani. Artinya, pendidikan adalah usaha membawa manusia keluar dari kebodohan, dengan membuka tabir aktual-transenden dari sifat alami manusia (humannes). Untuk dapat tercapainya tujuan pendidikan, tiga aspek (aspek kognitif, afektif dan psikomotorik) yang meliputinya haruslah dipenuhi. Hanya mengandalkan kegiatan intra kurikuler di sekolah tidaklah cukup untuk dapat memenuhi tiga aspek pendidikan. Partner terbaik dari kegiatan intra kurikuler di sekolah adalah kegiatan ekstra kurikuler. Ciri khas pendidikan Muhammadiyah adalah lebih condong pada ilmu keagamaannya. Tidak heran kalau mata pelajaran Ismuba menjadi andalan di seluruh lembaga pendidikan Muhammadiyah secara normatif. Mata pelajaran Al-qur’an hadits adalah “ruh” mata pelajaran Ismuba di lembaga pendidikan Muhammadiyah. Oleh karena pentingnya mata pelajaran Al-qur’an Hadits ini, maka usaha yang optimal sangat diperlukan dalam mengangkat mata pelajaran ini sebagaimana mestinya. Kegiatan ekstra kurikuler baca Al-qur’an menjadi ekstra yang diunggulkan dalam usaha mengangkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Al-qur’an Hadits. Hanya dengan mengangkat prestasi belajar siswa, mata pelajaran Al-qur’an Hadits tetap akan menjadi “ruh” dari semua mata pelajaran Agama Islam di lembaga pendidikan Muhammadiyah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler baca Al-qur’an, kondisi prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ini dan untuk mengetahui adanya korelasi antara kegiatan ekstra kurikuler baca Al-qur’an dengan prestasi belajar siswa di SMAM 08 Cerme. Penelitian ini menggunakan metode Kuantitatif. Sedangkan untuk memperoleh data dengan menggunakan pengumpulan data yang meliputi metode observasi, interview, quesioner dan dokumentasi dengan jumlah sampel 34 siswa yang aktif dalam kegiatan ekstra kurikuler baca Al-qur’an yang sesuai dengan jenis datanya yaitu, jenis data subjek. Sumber datanya berasal langsung dari responden, yaitu sumber data primer. Variabel penelitiannya diukur dengan menggunakan skala ordinal. Teknik analisa yang digunakan adalah korelasi r product moment. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan di SMAM 08 Cerme adalah kegiatan ekstra kurikuler baca Al-qur’an menpunyai pengaruh terhadap prestasi belajar siswa. Berpijak dari hal diatas, maka skripsi ini mengkaji tentang “Pengaruh Kegiatan Ekstra Kurikuler Baca Al-qur’an Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-qur’an Hadits di SMAM 08 Cerme”. Dalam skripsi ini, penulis akhiri dengan beberapa kesimpulan dan saran yang ditujukan kepada guru mata pelajaran Al-qur’an Hadits, kepala sekolah SMAM 08 Cerme dan guru kegiatan ekstra kurikuler baca Alqur’an untuk terus meningkatkan dan mengembangkan kegiatan ekstra kurikuler baca Al-qur’an guna memenuhi harapan dan cita-cita Muhammadiyah.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Subjects: Islamic Education
Education
Divisions: Faculty of Islamic Relegion > Islamic Education Study Program
Depositing User: tri risdianto saifullah
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:21
Last Modified: 26 Jun 2019 04:21
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/1290

Actions (login required)

View Item View Item