Afidah, Fittrotun Nur (2025) Startegi Pengembangan Usaha Melalui Business Model Canvas UD. Jayanti. Jurnal JEBER: Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, 2 (1). pp. 17-24. ISSN 3047-3225 (Submitted)
|
Text
PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (387kB) | Preview |
|
|
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL.pdf Download (665kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pengembangan usaha UD. Jayanti melalui pendekatan Business Model Canvas (BMC). UD. Jayanti merupakan Industri Mikro dan Kecil (IMK) yang bergerak di bidang produksi peralatan rumah tangga, mengalami kendala kekurangan stok bahan baku senar kuas kue, promosi secara direct selling, dan penjualan yang melalui agen dan tidak melalui customer. Metode yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan fenomenologi, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan pencatatan. Fokus penelitian ini pada tiga elemen BMC, yaitu Customer Segment, Customer Relationship, dan Key Partner. Analisis Customer Segment yaitu untuk mengelompokkan pelanggan berdasarkan karakteristik dan perilaku yang dimana fokus pada permasalahan UD. Jayanti menjual langsung melalui agen tidak customer, Customer Relationship yaitu strategi interaksi perusahaan dengan pelanggan untuk membangun hubungan yang saling menguntungkan dimana fokus pada permasalahan UD. Jayanti mempromosikan secara direct selling, dan Elemen Key Partner yaitu pihak-pihak yang bekerjasama dengan perusahaan yang fokus pada permasalahan UD. Jayanti kekurangan stok bahan baku senar kuas kue. UD. Jayanti juga menerapkan strategi pengembangan usaha yaitu strategi produk, strategi harga, strategi lokasi, dan strategi promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi produk yaitu UD. Jayanti memproduksi berbagai peralatan rumah tangga yang harus tetap relevan memahami karakteristik dan preferensi konsumen yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan. Strategi harga dengan menerapkan harga yang fleksibel, misalnya dengan memberikan diskon untuk pembelian dalam jumlah besar atau program loyalitas bagi pelanggan tetap. Strategi lokasi yaitu UD. Jayanti perlu memastikan bahwa produk mudah diakses oleh pelanggan dengan memanfaatkan platform online untuk penjualan. Strategi promosi yaitu kolaborasi dengan influencer atau media lokal dapat membantu dalam memperkenalkan produk kepada khalayak yang lebih luas. Kata Kunci : Strategi Pengembangan Usaha, IMK, Business Model Canvas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pengembangan Usaha, IMK, Business Model Canvas. |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Entrepreneurship |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Entrepreneurship Study Program |
Depositing User: | Fittrotun Nur Afidah |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 03:56 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 03:56 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/12960 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |