Analisis Faktor Kesulitan Membaca Sekolah Dasar

Prameswari, Sevi Citra (2024) Analisis Faktor Kesulitan Membaca Sekolah Dasar. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7 (10). pp. 12425-12430. ISSN 2614-8854

[img] Text
Pesetujuan Publikasi Jurnal_Sevi.pdf

Download (279kB)
[img] Text (Artikel Publikasi)
2. 6271-Article Text-40820-1-10-20241021 (1).pdf

Download (271kB)
Official URL: https://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan membaca pada siswa sekolah dasar, serta mencari solusi untuk meningkatkan kemampuan membaca mereka. Analisis studi literatur dari 20 artikel menunjukkan bahwa kesulitan membaca terutama disebabkan oleh kurangnya minat siswa untuk belajar membaca dan kurangnya bimbingan orang tua. Faktor internal seperti ketidakmampuan mengeja, kesulitan membedakan huruf, dan motivasi yang rendah mempengaruhi siswa, sementara faktor eksternal meliputi kurangnya dukungan orang tua dan model pembelajaran yang tidak tepat. Untuk meningkatkan minat membaca, disarankan guru menggunakan metode interaktif, melibatkan orang tua, dan menyediakan bahan bacaan menarik. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memahami kesulitan membaca dan memperbaiki proses pembelajaran di sekolah dasar.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Reading Difficulties,Internal Factors, External Factors
Subjects: Education
Primary and secondary education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Primary Teacher Education Study Program
Depositing User: Sevi Citra Prameswari
Date Deposited: 24 Apr 2025 03:39
Last Modified: 24 Apr 2025 03:39
URI: http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13005

Actions (login required)

View Item View Item