Arisandi, Tio (2025) Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Jasa Trasportasi Umum Bus Trans Jatim Koridor 3 Terhadap Kinerja Operasional Dan Pelayanan (Studi Kasus: Rute Mojokerto-Gresik). Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, 2 (1). pp. 61-66. ISSN 2721-4885
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL.pdf Download (41kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
Jurnal.pdf Restricted to Repository staff only until 25 March 2030. Download (347kB) |
Abstract
Perkembangan kawasan industri di Kabupaten Gresik meningkatkan lalu lintas dan kemacetan, sehingga transportasi umum perlu ditingkatkan. Sesuai Perpres No. 2 Tahun 2015, Bus Rapid Transit (BRT) seperti Bus Trans Jatim Rute Mojokerto-Gresik dikembangkan. Namun, rendahnya minat masyarakat serta ketidaksesuaian rute dan jadwal menjadi kendala. Penelitian ini menganalisis kepuasan pengguna terhadap layanan Bus Trans Jatim berdasarkan standar SK.687/AJ.206/DRJD/2002.Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa indikator memenuhi standar, seperti waktu tempuh rata-rata 107 menit, kecepatan perjalanan 34,49 km/jam, dan waktu tunggu rata-rata 7,31 menit. Namun, aspek seperti load factor sebesar 31,63%, waktu headway 14,63menit, dan jumlah penumpang masih memerlukan perbaikan. Tingkat kepuasan penumpang mencapai 85,32%, menunjukkan layanan secara keseluruhan dinilai baik. Studi ini memberikan rekomendasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional Bus Trans Jatim.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | transportasi, Bus Rapid Transit, tingkat kepuasan, Bus Trans Jatim Koridor 3 |
Subjects: | Engineering > Civil Engineering Engineering |
Divisions: | Faculty of Engineering > Civil Engineering Study Program |
Depositing User: | Tio Arisandi |
Date Deposited: | 05 May 2025 04:05 |
Last Modified: | 05 May 2025 04:05 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13306 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |