Rahmawati, Kurnia Novalita (2024) Pengaruh Online Customer Review, Customer Experience dan Trust Terhadap Keputusan Beli Ulang. Jurnal Ekobistek, 13 (4). pp. 205-211. ISSN 2301-5268
![]() |
Text
HALAMAN PERSETUJUAN PUBLIKASI JURNAL_KURNIA NOVALITA RAHMAWATI_210301078.pdf Download (229kB) |
![]() |
Text (Artikel Publikasi)
ARTIKEL_KURNIA NOVALITA RAHMAWATI_210301078.pdf Download (449kB) |
Abstract
Kemajuan teknologi dan internet membuat banyak sebuah hal berkembang terkait pada periode globalisasi dan digitalisasi masa kini. Internet merupakan suatu sistem atau teknologi yang menghubungkan manusia, namun dibatasi oleh jarak. Kegiatan jual beli barang secara online dan perdagangan online merupakan bukti nyata kemajuan teknologi telah terjadi. Salah satu platform marketplcae di Indonesia adalah Shopee. shopee merupakan pusat kategori marketplace e-commerce yang akan memperoleh situs terbanyal di Indonesia. Shopee juga merupakan pasar utama di Indonesia. Para pemilik toko online di Shopee harus memiliki ciri khas tersendiri untuk menarik minat beli pada konsumen yang kemudian akan dapat berubah menjadi minat beli berulang.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Online Customer Review, Customer Experience, dan Online TrustTerhadap Keputusan Beli Ulang melalui Marketplace Shopee. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif dengan menyebar kuesioner secara online kepada 140 pengguna marketplace shopee. Teknik yang digunakan untuk menyebar kuesioner dalam penelitian ini yaitu menggunakan Teknik random sampling. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan beberapa uji yaitu uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Online Customer Review tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan beli ulang, Customer Experience berpengaruh signifikan terhadap keputusan beli ulang dan Online Trust berpengaruh signifikan terhadap keputusan beli ulang. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk mengetahui keputusan konsumen untuk melakukan pembelian ulang melalui marketplace shopee.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ulasan Online, Pengalaman, Kepercayaan, Beli Ulang, Platform Online |
Subjects: | Economic And Business Economic And Business > Management |
Divisions: | Faculty of Economic and Business > Management Study Program |
Depositing User: | Kurnia Novalita Rahmawati |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 04:22 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 04:22 |
URI: | http://eprints.umg.ac.id/id/eprint/13421 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |